Seorang dokter bedah di California, Amerika, terbukti bersalah karena melakukan pelecehan seksual pada anak-anak. Dokter yang bernama James Kohut ini diketahui sudah melakukan hal ini sejak 1997, dengan menghamili wanita-wanita yang kemudian melahirkan anak-anak yang bisa dilecehkan secara seksual dalam "keluarga yang tidak jelas".

Dokter bedah otak ini juga dinyatakan bersalah karena melakukan hubungan oral, penetrasi seksual dan sodomi pada anak-anak, antara bulan Januari 2016 dan Mei 2017, bersamaan dengan dua perawat Emily Stephens dan Rasher Brandon.

Kasus ini mulai mencuat saat suami Brandon menyerahkan video ke polisi yang merekam istrinya dan Stephens sedang melakukan pelecehan pada anak-anak. Kemudian, Brandon menghubungkan hal ini dengan Kohut dan ia ditangkap empat hari kemudian, pada 14 Mei 2017. Kepala Polisi George Zamora, menyebutkan rekaman tersebut "menjijikan dan sangat mengganggu".

Kohut bekerja dengan dan memiliki hubungan dengan kedua perawat. Pengacara Brandon, Anthony Robinson, mengatakan ia merupakan korban Kohut – yang merupakan "dalang"nya – saat ia harus melalui proses perceraian yang sangat sulit. Korban anak-anak ini ditahan dalam kondisi tersebut.

Masa lalu yang kelam

Jaksa menemukan bahwa selama dua dekade, Kohut merayu wanita-wanita dari Ohio, Florida, Louisiana, Nevada, dan Australia sehingga ia bisa berhubungan seksual dengan anak-anak mereka.

Kohut mengakui ke seorang wanita bahwa ia sebelumnya pernah memiliki hubungan dengan seorang wanita yang merupakan ibu dari dua orang anak, 13 tahun dan 4 tahun. Dokumen pengadilan menyatakan bahwa Kohut kemudian mengaku pada wanita tersebut bahwa ia berhubungan seksual di depan anak-anak dan meraba anak remajanya.

Wanita lain dari Australia juga memberikan bukti, menyatakan bahwa Kohut pernah menanyakan apakah ia boleh membuatnya hamil. Jika anaknya merupakan anak perempuan, katanya, ia akan menghamili anak ini di usia sepuluh tahun dan membesarkannya juga "secara seksual". Ia juga mengaku pernah meminta wanita-wanita untuk tinggal di tempat penampungan orang atau bekerja sebagai penjaga bayi sehingga ia bisa menemukan korban muda.

Terdakwa lain, seorang wanita dari Ohio, berpacaran dengan Kohut dan mengatakan ke pengadilan saat ia melaporkan kejadian ini ke polisi di tahun 2005, saat dimana dokter ini mengirim alamat website ke video pornografi anak dan mengatakan ia pernah berhubungan seksual dengan seorang anak berusia sembilan tahun dan ibunya. Meskipun ia sedang diselidiki oleh berbagai penyidik berbeda sejak 1997, ini merupakan pertama kalinya ia berhasil ditangkap.

Meskipun demikian, Kohut yang memiliki seorang istri dan dua orang anak, dinyatakan tidak bersalah pada 11 tuduhan. Jaksa mengatakan bahwa sejak penangkapannya, banyak korban semakin berani mengambil langkah. Dokter ini kemudian ditangkap segera setelah memulai pekerjaan barunya di Rumah Sakit Fort Smith di Arkansas. Ia sekarang kehilangan pekerjaannya.

Kemungkinan tidak bisa berpraktek lagi

Pada 26 Juni 2017, hakim membebaskan Kohut dengan jaminan kecuali Moore meminta agar ia tetap dipenjara dan dibiarkan di sana tanpa jaminan. Moore menulis dalam dokumen pengadilan bahwa, "tidak ada jaminan yang cocok untuk tindak kriminalitas semacam ini, termasuk jumlah hukuman yang harus ia jalani, kekayaannya, dan potensi bahaya untuk anak-anak lain."

Selain itu, Kohut dianggap memiliki risiko bunuh diri dan kabur, karena sebelumnya ia terus berpindah-pindah tempat. Sekarang ia ditahan di sayap medis dan dibiarkan kelapasan sejak ditangkap.

Hakim memutuskan jaminannya sebesar USD6,45 juta, meskipun jaksa meminta USD40 juta karena ia sangat berbahaya ke publik, baik bagi wanita dan anak-anak. Banyak orang memrotes keputusan ini dengan menyerukan, "amankan anak-anak" dan "penjara dengan tanpa jaminan".

Pengacaranya, Jay Rorty, mengatakan tidak ada bukti fisik kriminalitas dokter. Jaminan Brandon ditetapkan sebesar USD500.000 dan ia diminta untuk tidak bekerja sebagai seorang perawat jika dikabulkan.

Jika Kohut benar-benar keluar dengan jaminan maka ia akan "dimonitor secara elektronik". Ia akan ditempatkan di rumah tahanan dengan akses internet terbatas dan monitoring GPS terus-menerus. Ia juga harus menjaga jarak aman dari saksi dan korban.

Izin praktek medis dokter yang berusia 57 tahun ini sudah ditangguhkan di Alabama dan Arkansas, dan ia mencabut sendiri izinnya di California.

Jika dikabulkan, ia dan Brandon harus menghadapi minimal 165 tahun penjara. Karena Stephens ditangkap di Arizona, kepolisian sedang mencari izin pindah pengadilan ke California; sehingga ia juga akan mendapat hukuman yang sama. MIMS

Bacaan lain:
Dokter bedah yang kasar cenderung menyebabkan komplikasi saat operasi
Seorang pasien di Kanada bangun saat operasi dan mengerang kesakitan saat pisau bedah dokter menyobek tubuhnya
Bayi kembar tiga berhasil melewati prosedur operasi tengkorak kepala pertama di dunia

Sumber:
http://nypost.com/2017/06/20/doctor-tried-to-impregnate-women-so-he-could-rape-their-children/
http://fox6now.com/2017/06/20/doctor-accused-of-child-sex-abuse-wanted-to-create-sexual-families-court-docs-say/
http://www.cbsnews.com/news/prosecutor-brain-surgeon-charged-with-child-sex-abuse-recruited-women-to-find-victims/
http://www.ibtimes.com/james-kohut-santa-cruz-doctor-charged-child-sexual-abuse-bail-set-645-million-2559132