92% konsultasi di Inggris dilakukan hanya dalam kurang dari 15 menit, dengan rata-rata panjang konsultasi adalah 10 menit, menurut penelitian yang dilakukan oleh amal Yayasan Kesehatan pada dokter umum dari 11 negara.

Kondisi ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Universitas Cambridge yang memeriksa 440 konsultasi dokter umum dan menghasilkan hasil serupa - lebih dari setengah konsultasi dilakukan kurang dari 10 menit, dengan sekitar 5% konsultasi dilakukan kurang dari empat menit. Konsultasi paling sebentar dilakukan hanya dalam 2 menit 15 detik.

Royal College of GP (RCGP) mengatakan bahwa dokter "terlalu banyak bekerja", dengan demikian pendeknya sesi konsultasi dengan dokter, menciptakan masalah tersendiri bagi banyak orang khususnya pasien dengan kebutuhan kompleks.

"Ini merupakan suatu kegilaan. Dokter umum terlalu banyak bekerja dan jumlahnya terlalu sedikit - kondisi ini sudah hampir mencapai kehancuran."

Semua penelitian ini menggaris bawahi situasi dimana NHS menghadapi masalah biaya dan infrastruktur. Meskipun demikian peneliti juga mempertanyakan berapa lama konsultasi "seharusnya" diadakan.

Konsultasi yang lebih panjang sama dengan kualitas pelayanan yang lebih baik

Survey Asosiasi Medis Inggris pada 15.000 dokter umum di tahun 2015, menemukan bahwa 90% dokter umum merasa 10 menit tidak cukup bagi mereka. Dua per tiga dari yang disurvey juga mengatakan bahwa konsultasi harus lebih lama untuk pasien tertentu, misalnya pasien dengan kondisi kesehatan jangka panjang, dan satu per empat dokter mengatakan semua pasien harus mendapat sesi konsultasi lebih dari 10 menit.

Kajian terpisah dari tiga belas laporan yang mendeskripsikan sepuluh penelitian di tahun 2002, juga menunjukkan bahwa meskipun ada perbedaan konsisten dalam beberapa elemen proses dan outcome antara dokter umum yang melakukan konsultasi pada tingkatan berbeda, hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mendapat sesi konsultasi lebih panjang, cenderung mendapat konsultasi mengenai elemen penting perawatan.

Tetapi apakah kualitas konsultasi sangat bergantung pada lamanya waktu?

Lama konsultasi bergantung pada banyak faktor

Hingga tahap tertentu saja. Lamanya sesi konsultasi mengilustrasikan bagaimana dokter umum memiliki keseimbangan masalah seperti produktivitas dan kualitas, mendengarkan pasien, dan mengatasi stres mereka sendiri.

Meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa sesi konsultasi lebih lama bisa jadi berhubungan dengan lebih tingginya kepuasan pasien dan meningkatkan edukasi kesehatan atau pencegahan, ada banyak faktor lain yang memengaruhi panjang waktu konsultasi: daftar ukuran, ketersediaan beban kerja, kompleksitas masalah dan karakteristik dokter dan pasien.

Penelitian Swedia menunjukkan bahwa 'kecepatan dokter' menjelaskan adalah 22,5%, yang terdiri dari 11,6% kompleksitas masalah dan 2,9% usia pasien dari variasi lama konsultasi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa sesi konsultasi yang pendek seringkali terjadi pada pasien laki-laki yang masih muda mengenai masalah fisik, yang biasanya hanya berlangsung kurang dari 10 menit, sedangkan sesi konsultasi yang panjang biasanya diadakan pada pasien yang berusia lebih tua dengan kondisi kronik kompleks, yang membutuhkan dimensi psikologis dan fisik.

Sesi konsultasi yang lebih panjang membuat dokter mendapat lebih banyak waktu untuk mengkaji penyakit dan terapi mereka, dan memberikan kesempatan bagi pasien untuk menyebutkan masalah psikososial dan manajemen serta keragu-raguan tertentu. Penelitian lain menemukan bahwa ketika pasien perempuan melakukan konsultasi ke dokter perempuan, maka ada penambahan sekitar 1 menit dari rata-rata waktu konsultasi.

Maka fakta bahwa belum ada penjelasan lengkap mengenai variasi lamanya waktu konsultasi, menciptakan keragu-raguan akan lama konsultasi yang bisa digunakan sebagai penanda standar kualitas konsultasi dalam praktek dokter umum.

Masalah yang ada dan ekspektasi yang harus dicapai

Meskipun demikian, kurangnya jumlah dokter di masa sekarang - dan kemungkinan di masa depan - juga mengartikan bahwa akan ada peningkatan beban kerja pada dokter umum yang ada sekarang. Ini mengartikan waktu konsultasi menjadi semakin pendek untuk lebih banyak mencapai dan memeriksa pasien.

Kualitas konsultasi bisa jadi turun sebagaimana yang ditunjukkan dalam beragam penelitian bahwa sesi konsultasi yang pendek bisa menurunkan perhatian dokter terhadap masalah psikososial yang relevan ke pasien.

Universitas Edinburgh juga menunjukkan bahwa gaya dokter yang bebas, sesi konsultasi yang lebih panjang berarti masalah psikososial dan masalah kesehatan kronik lebih bisa disadari dan bisa diatasi. Kepuasan pasien juga meningkat seiring dengan semakin panjangnya sesi konsultasi.

Mungkin sekarang kita perlu berhenti menentukan target atau ekspektasi mengenai seberapa panjang konsultasi harus dilakukan - Namun seberapa baik dokter umum melakukan konsultasi.

Misalnya, jika konsultasi cepat bisa menyebabkan banyak pertanyaan tidak terjawab dan menyebabkan pasien tidak puas, pasien akan kemudian datang periksa kembali, dan menghabiskan waktu dokter yang berharga. Jika dokter bisa membantu pasien, membentuk durasi untuk memastikan dokter sudah memenuhi kebutuhan psikososial semua pasien dalam semua sesi konsultasi, maka situasi ini bisa menjadi pendekatan jangka panjang yang lebih efisien. MIMS

Bacaan lain:
Apakah dokter tidak bisa hidup seimbang?
5 poin penting BPJS yang perlu diketahui oleh tenaga kesehatan
Signifikansi catatan pasien yang baik
Perbedaan antara psikologi dan psikiatrik


Sumber:
http://jfmpc.com/article.asp?issn=2249-4863;year=2014;volume=3;issue=4;spage=333;epage=339;aulast=Lemon
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8484082
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10474581
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10187199
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11510394
http://www.bmj.com/content/298/6679/1008 
http://gpaccess.uk/evidence/gp-consultation-how-long/
https://www.sma.org.sg/smj/4001/articles/4001a1.html
http://www.pulsetoday.co.uk/your-practice/practice-topics/access/more-than-90-of-gps-think-10-minute-consultations-are-inadequate/20009668.article
http://www.telegraph.co.uk/news/2016/11/03/gps-carry-out-consultations-in-as-little-as-two-minutes-study-fi/
http://bjgp.org/content/bjgp/52/485/1012.full.pdf
http://www.gponline.com/consultation-times-not-long-enough-say-93-gps/article/1418438
https://www.theguardian.com/society/2017/feb/07/gps-consultation-times-too-short-for-complex-cases-says-doctors-leader