Pada dasarnya, diabetes melitus dibagi menjadi dua tipe utama: tipe satu dan dua. Tetapi baru-baru ini ditemukan klasifikasi ketiga dari diabetes: Diabetes tipe 3c, yang belum disadari keberadaannya dikalangan publik. Disebut juga "Diabetes dari Eksokrin Pankreas", ini merupakan tipe langka diabetes yang disebabkan oleh kerusakan pankreas.

Peneliti khawatir bahwa rendahnya kesadaran akan diabetes tipe 3c oleh publik dan tenaga kesehatan, menyebabkan peningkatan kejadian diabetes tipe 3c yang salah mendapat diagnosis menjadi diabetes tipe 2. Sebagian tim peneliti Inggris menemukan bahwa hanya 3% penderita (dari dua juta sampel) dikumpulkan dan berhasil diidentifikasi menderita diabetes tipe 3c.

Diabetes tipe 3c yang baru diidentifikasi

Meskipun ketiga jenis diabetes melitus ini muncul disebabkan rendahnya insulin sirkulasi dalam sistem, namun angkanya sangat berbeda jauh antara mekanisme, penyebab dan terapi. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh disfungsi autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh menghancurkan sel pemroduksi insulin dari pankreas. Kondisi ini biasanya terjadi di awal kehidupan (anak-anak atau remaja) dan membutuhkan terapi insulin. Sedangkan, diabetes tipe 2 berasal dari ketidak mampuan pankreas dalam memproduksi kebutuhan insulin dalam tubuh. Sebaliknya, diabetes tipe 2 biasanya muncul pada individu berusia lebih tua dan dihubungkan dengan sindrom metabolik.

Di sisi lain, diabetes tipe 3c muncul disebabkan kerusakan pada pankreas disebabkan oleh inflamasi (pankreatitis), pertumbuhan tumor atau operasi pankreas. Selain ketidakmampuan untuk memproduksi insulin, pasien diabetes tipe 3c juga mengalami penurunan produksi enzim pencernaan pankreas; karakteristik lain dari diabetes tipe 3c.

Seperti perbedaan terapi pada diabetes tipe 1 dan 2, begitu juga dengan diabetes tipe 3c. Mengingat tingginyanya kesalahan diagnosis diabetes tipe 3c menjadi diabetes tipe 2, regimen terapi yang tidak benar akan menghasilkan ketidak-efektivan terapi dalam menjaga kadar gula darah pasien.

"Beberapa obat digunakan untuk diabetes tipe 2, seperti gliclazide, mungkin tidak sama efektifnya seperti diabetes tipe 3c," catat Andrew McGovern, salah satu peneliti kunci dari Universitas Surry yang melakukan penelitian pada diabetes tipe 3c. McGovern menambahkan," Kesalahan diagnosis, dengan demikian, menyebabkan banyak waktu dan uang terbuang sia-sia untuk terapi tidak efektif."

Patients with type 3c diabetes are more likely to require insulin to help control their blood sugar levels.
Patients with type 3c diabetes are more likely to require insulin to help control their blood sugar levels.

Tidak seperti tipe 1 dan 2, penderita diabetes tipe 3c membutuhkan insulin dan suplemen enzim pencernaan. Enzim pencernaan biasanya dikonsumsi sebagai tablet dengan makanan dan kudapan. Penelitian awal menunjukkan bahwa pasien diabetes tipe 3c mungkin akan mendapatkan manfaat dari bentuk terapi ini.

Orang dewasa yang terpengaruh

Pasien dengan riwayat pankreatitis, kanker dan tumor pankreas dan operasi pankreatik, berisiko tinggi menderita diabetes tipe 3c. Data yang ada sekarang tidak menunjukkan ada banyak penderita gangguan pankreas yang kemudian menderita diabetes, dan masuk dalam jendela waktu antara gangguan pankreas dan onset diabetes tipe 3c.

Tetapi yang mengejutkan, data ini menunjukkan bahwa diabetes tipe 3c lebih umum pada orang dewasa dibandingkan pada diabetes tipe 1. Di antara populasi penelitian, 1% dari semua kasus diabetes pada orang dewasa adalah diabetes tipe 1 dibandingkan dengan angka yang lebih tinggi, yaitu 1,6% untuk diabetes tipe 3c.

Yang lebih mengkhawatirkan, penderita diabetes tipe 3c memiliki kecenderungan dua kali lebih tinggi memiliki kontrol gula darah yang buruk dibandingkan pasien diabetes tipe 2. Kemungkinan ini disebabkan oleh mekanisme dari diabetes tipe 3c dengan pasien memiliki lima atau sepuluh kali kecenderungan untuk membutuhkan insulin untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Bagi banyak penderita diabetes tipe 3c, durasi antara cedera pankreas dan onset diabetes mungkin lebih dari sepuluh tahun. McGovern menjelaskan, "Keterlambatan ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa dua kejadian ini seringkali tidak dihubungkan, dan diagnosis diabetes tipe 3c seringkali tidak diperhatikan."

Meskipun gagasan tipe baru diabetes tampak menyeramkan, namun sangat melegakan saat mengetahui bahwa penyakit ini bisa dengan mudah diobati seperti pada diabetes tipe 1 dan 2. Di titik ini, cara terbaik yang bisa dilakukan oleh komunitas medis adalah meningkatkan kesadaran dan pengakuan mengenai diabetes tipe 3c. Mengambil haluan ini, American Diabetes Association memperbaharui Standar Perawatan Medis tahun 2017 dan memasukkan "penyakit eksokrin pankreas" di bawah "tipe spesifik diabetes disebabkan penyebab lain." MIMS

Bacaan lain:
MODY: Jenis diabetes langka yang sering tidak terdeteksi – gagal terdiagnosis
Mengapa ada pasien yang berbohong?
Apakah dokter benar-benar mendengarkan keluhan pasien wanita?

Sumber:
https://gizmodo.com/new-evidence-suggests-doctors-are-misdiagnosing-a-third-1819810147
http://care.diabetesjournals.org/content/diacare/suppl/2016/12/15/40.Supplement_1.DC1/DC_40_S1_final.pdf
http://care.diabetesjournals.org/content/early/2017/08/30/dc17-0542
https://theconversation.com/newly-identified-third-type-of-diabetes-is-being-wrongly-diagnosed-as-type-2-83536