Kanker payudara merupakan bentuk kanker paling banyak ditemukan di dunia, tetapi sepertinya peneliti telah menemukan cara membekukan penyakit ini. Tim peneliti yang beranggotakan mahasiswa s1 berhasil mengembangkan alat reusable cryotherapy yang bisa digunakan untuk terapi kanker payudara di Afrika Selatan.

Dengan tujuan meningkatkan akses diagnosis dan terapi kanker payudara di Afrika Selatan, tim peneliti berhasil membuat prototipe tabung cryotherapy dari bahan lokal. Tabung ini didesain agar bisa disterilisasi dan digunakan kembali, sehingga bisa dijadikan pilihan terapi kanker payudara yang murah untuk negara Afrika Selatan yang miskin.

Terapi kanker menggunakan cyotherapy

Cryotherapy merupakan salah satu pilihan terapi yang jarang diindikasikan untuk kanker payudara. Prosedurnya meliputi memasukkan tabung ke situs tumor dan mengalirkan nitrogen cair atau gas, sehingga sel kanker akan membeku dan kemudian mati.

Lebih mengelaborasi proses cryotherapy untuk terapi kanker, Nicholas Durr, direktur program sarjana untuk Johns Hopkins Center for Bioengineering Innovation and Design, dan mengatakan: "Karena dingin memiliki efek mati rasa, Anda tidak perlu lagi memberi anestesi, dan karena Anda bisa melakukannya dengan satu jarum kecil, ini tidak bisa disebut prosedur pembedahan."

Meskipun terdengar mudah, faktanya cryotherapy merupakan proses yang mahal dan tidak bisa dijangkau oleh negara miskin. Tabung cryotherapy untuk terapi kanker sekarang hanya untuk sekali pakai dan dihargai satunya $2.000. Teknologi cryotherapy juga menggunakan sejumlah gas langka seperti helium dan argon, yang sulit ditemukan di Afrika Selatan.

Jika prototipe ini terbukti efektif, kemungkinan prosedur ini bisa digunakan sebagai terapi kanker payudara yang mudah dan bisa dijangkau oleh pasien di Afrika Selatan dan juga di seluruh dunia.

Prevalensi kanker payudara

Kanker payudara merupakan satu penyebab kanker di dunia. Di tahun 2012 saja, ada sekitar 1,7 juta kasus kanker payudara baru di dunia. Dan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Bahkan di Singapura, kanker payudara berada di angka 25% dibanding kanker lain yang ditemukan pada pasien wanita. Menurut National Cancer Centre Singapura, kasarnya 1.900 wanita didiagnosis kanker payudara setiap tahunnya.

Dan kelihatannya ada lebih banyak kasus kanker payudara per tahun. Jumlah wanita yang menderita kanker payudara di Singapura meningkat hampir tiga kalinya dalam waktu 40 tahun belakangan, kata Dr Chan Ching Wan, konsultan di National University Cancer Institute Singapore's surgical oncology division.

Pilihan diagnosis dan terapi lain untuk kanker payudara

Untungnya, banyak metode diagnosis dan terapi yang berhasil dikembangkan dari cepatnya perkembangan penelitian kanker.

Mudahnya, peneliti berhasil menemukan cara menemukan pola metastasis tumor menggunakan tes epigenetik yang dikenal dengan sebutan EPICUP, sehingga dokter bisa menyampaikan lebih banyak terapi kanker tertarget ke pasien.

Pada waktu yang sama, peneliti di Singapura juga mendapat pengetahuan baru dengan mengembangkan sel tumor ganas di laboratorium. Sel tumor ini mempermudah penelitian sel kanker di luar tubuh manusia, sehingga mereka bisa memeriksa respon sel kanker dari pilihan terapi berbeda.

Selain itu, obat baru yang dikenal sebagai palbociclib juga telah ditemukan sehingga dokter bisa menghambat penyebaran dan bertambah parahnya kanker payudara pada pasien mereka. Ketika diberikan di awal saat pasien didiagnosis kanker payudara, palbociclib bisa memperpanjang kehidupan pasien hingga 10 bulan tanpa perkembangan penyakit ke bentuk yang lebih parah. MIMS

Bacaan lain:
Menyusui menurunkan risiko kanker pada ibu dan infeksi pada bayi
Mengapa menerima organ dari orang yang sudah meninggal bisa menimbulkan kanker
Ada kanker dalam fosil berusia 1.700.000 tahun
Fototerapi bisa menginduksi sel kanker untuk "bunuh diri" hanya dalam waktu 2 jam


Sumber:
http://hub.jhu.edu/2016/05/03/design-day-breast-cancer-treatment-south-africa/
http://www.nccs.com.sg/PatientCare/WhatisCancer/TypesofCancer/Pages/breast-cancer.aspx
http://www.wcrf.org/int/cancer-facts-figures/data-specific-cancers/breast-cancer-statistics
http://www.straitstimes.com/singapore/more-women-here-found-with-breast-cancer-every-year