Karena kemiskinan dan keputusasaan, beberapa warga Costa Rica dirayu untuk menjual ginjal mereka dengan harga antara USD8.000 dan USD20.000 dalam pasar gelap internasional.

Seperti transaksi jual beli biasa – uang untuk mendapatkan barang – kecuali fakta bahwa barang yang dibeli merupakan bagian dari tubuh manusia.

Klien merupakan orang kaya, berisi mayoritas warga Israel dan Eropa. Kebanyakan dari "pendonor" ini dibawa ke Israel untuk menjual ginjal mereka.

Dilakukan di klinik swasta dengan berkedok turis medis, operasi ilegal ini dilakukan dengan janji bayaran yang cepat di Costa Rica, destinasi medis murah untuk ribuan orang asing. Dilaporkan bahwa beberapa pelanggan Eropa yang kaya rela membayar USD100.000 untuk satu organ.

Pemimpin cincin ini adalah Dr Mora Palma, mantan kepala nefrologi di Calderón Guardia, salah satu rumah sakit negeri terbesar di Costa Rica. Tiga orang bawahannya – Massimiliano Anunzia Mauro Stamati, Fabian Fonseca Guzmán, dan Victor Hugo Monge – bekerjasama dengan Costa Rican Social Security Agency  (CCSS), yang menjalankan sistem kesehatan publik negara. Katsigiannis Karkasi, seorang pebisnis Yunani, ikut membantu mencari donor.

Prosecutors attending the trial against a four Costa Rican doctors and a Greek businessman accused of participating in a human-organ trafficking network. Photo credit: AFP PHOTO/Ezequiel Becerra/Tico Times
Prosecutors attending the trial against a four Costa Rican doctors and a Greek businessman accused of participating in a human-organ trafficking network. Photo credit: AFP PHOTO/Ezequiel Becerra/Tico Times


Penyelidikan yang dilakukan oleh Agen Penyelidik Yudisial (OIJ) Costa Rica dan Menteri Keamanan Publik, yang dimulai tahun 2009, berhasil menemukan 14 transplantasi ginjal ilegal.

Hampir semua kasus meliputi ginjal, dan prosedur yang dilakukan di fasilitas swasta yang dijalankan oleh CCSS. Beberapa individu yang menjual organnya bangun dengan satu realita mengerikan, bukan hanya karena kehilangan satu organ tetapi juga harus hidup menderita atas berbagai penyakit tertentu.

Lima tersangka ditangkap tahun 2013 dan sekarang pengadilan sudah dilaksanakan di San José, yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga 30 November.

Cincin ilegal memangsa mereka yang haus akan uang

Mora Palma diduga mencari pelanggan asing yang membutuhkan transplantasi ginjal, dan mencocokannya dengan warga Costa Rica yang sangat membutuhkan uang. Selain melakukkan ordinasi ekstraksi dan operasi transplantasi, Mora Palma juga mewawancarai "calon pendonor" dan membiayai tes untuk konfirmasi kecocokan dengan organ penerima.

Selain dari penjualan organ, ia jugadijatuhi hukuman karena melakukan penggelapan, sesuai dengan peraturan Caja Costarricense de Seguro SocialCosta Rican Social Security Fund (CCSS) karena ia melakukan tes demi dilakukannya transplantasi.

Dokter – Stamati, seorang dokter urologi, Guzmán, seorang dokter bedah yang memiliki spesialisasi di bidang urologi, dan Monge, seorang dokter bedah – dikatakan melakukan operasi transplantasi di dua rumah sakit swasta di pusat kota.

Karkasi, seorang pebisnis Yunani dan pemilik pizzeria dekat Rumah Sakit Calderon Guardia, membantu merekrut individu berpendapatan rendah dan memfasilitasi transaksi organ dengan calon pelanggan.

The trial against four doctors and a pizzeria owner, accused of organ trafficking, began on Monday in San Jose. Photo credit: QCostaRica
The trial against four doctors and a pizzeria owner, accused of organ trafficking, began on Monday in San Jose. Photo credit: QCostaRica


Jaksa mempersiapkan 25 saksi untuk bersaksi di pengadilan, yang meliputi mantan polisi wanita yang mulai bekerja untuk cincin ilegal ini setelah menjual ginjalnya sendiri.

Mora Palma dibebaskan dengan jaminan, dan empat yang lain dibebaskan dengan perintah penahanan.

Jika terbukti, pemilik pizzeria harus menghadapi enam hingga 10 tahu penjara, sedangkan para dokter akan dijatuhi hukuman delapan hingga 16 tahun di balik jeruji besi karena mereka terlibat dalam pelanggaran status profesionalisme dalam tindak kriminalitasnya. MIMS

Bacaan lain:

Dokter yang menganiaya wanita bebas dari penjara karena keahliannya
Seorang dokter spesialis anak penderita pedofilia dijatuhi hukuman penjara 22 tahun
Dokter di Gunung Sinai dihukum penjara karena melakukan pelecehan seksual pada empat pasiennya

Sumber:
http://www.thejournal.ie/doctors-costa-rica-3593059-Sep2017/
http://news.co.cr/25-witnesses-testify-costa-rican-human-organ-trafficking-case/64744/
http://qcostarica.com/trial-started-in-organ-trafficking-case-in-costa-rica/