Kekhawatiran istri terhadap kesehatan suaminya akan mendorong istri menjaga berat badannya. Penelitian yang disebutkan di bawah ini menemukan bahwa pria lanjut usia yang istrinya mengalami obesitas memiliki risiko tinggi diabetes.

Penelitian yang dilakukan di Denmark mengatakan bahwa pria memiliki risiko kesehatan 21% menderita diabetes tipe 2 jika istri mereka mengalami obesitas.

"Memiliki istri obesitas meningkatkan risiko diabetes suami dan angkanya ditemukan di atas risiko obesitas," ungkap Adam Hulman, Universitas Aarhus di Denmark.

Meskipun demikian, hasilnya tidak selalu sama jika situasinya berkebalikkan. Seorang wanita yang suaminya obesitas tidak bisa dijadikan indikasi risiko diabetes, tambahnya.

Berdasarkan penelitian ini, peneliti menduga bahwa pria seringkali mengikuti pola kebiasaan makan istri yang buruk dan kurangnya olahraga bisa menyebabkan peningkatan risiko.

Ini merupakan penelitian pertama yang memeriksa efek spesifik jenis kelamin dari kondisi obesitas pasangannya mengenai risiko diabetes, catat peneliti.

Dalam penelitian, mereka memeriksa 3.650 pria dan 3.478 wanita berusia 50 tahun dan di atasnya dari sampel perwakilan nasional di awal tahun 1998.

Partisipan kemudian diperiksa kembali melalui wawancara setiap dua setengah tahun, berakhir di tahun 2015.

Jika situasinya terbalik, tim peneliti menemukan bahwa pria obesitas tidak ditemukan terpengaruh dengan kesehatan istri mereka tersebut. Peneliti menyatakan kemungkinan ini karena banyak wanita lebih sering memasak makanan untuk suami mereka atau mereka lebih peduli akan fisik mereka.

"Menyadari risiko yang ada antara pasangan suami istri bisa meningkatkan angka deteksi diabetes dan memotivasi pasangan untuk meningkatkan usaha kolaboratif dalam mengatur pola makan dan meningkatkan tingkat aktivitas mereka," sebut penelitian.

Peneliti kemudian menyatakan bahwa kasus obesitas atau diabetes tipe 2 pada satu pasangan bisa mempercepat pemeriksaan skrining pasangan lainnya.

"Hasil penelitian kami mengindikasikan bahwa untuk menemukan kasus obesitas pada seseorang, skrining diabetes harus disama ratakan," catat peneliti.

Penelitian ini juga dipresentasikan saat pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Penelitian Diabetes di Portugal. MIMS

Bacaan lain:
Terapi gen bisa menurunkan beban penderita diabetes
Orang dewasa di Cina kehilangan 9 tahun kehidupan karena diabetes
"Pankreas buatan" pertama didunia disetujui penggunaannya untuk terapi diabetes tipe 1

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/09/12/men-obese-wives-should-screened-diabetes-experts-say/
http://www.dailymail.co.uk/health/article-4874788/Men-obese-wives-greater-risk-diabetes.html