Sebagai bagian dari proyek pilot tiga tahun – disponsor oleh organisasi filantropik Temasek Foundation Cares – Singapura sudah mengeluarkan bank Air Susu Ibu (ASI) pertama di Rumah Sakit Wanita dan Anak KK (KKH).

Selama periode ini, sejumlah total 375 ibu menyusui direkrut untuk membantu 900 bayi yang sakit dan lahir prematur (lahir sebelum usia kehamilan 32 minggu). Susu ASI ini bisa didapatkan secara gratis selama periode ini.

Stok susu dipasteurisasi untuk kesehatan jangka panjang

Seorang dokter neonatologi di KKH dan direktur program, Dr Chua Mei Chien mengatakan susu akan diproses mengikuti protokol ketat. Program SGD1,37 juta ini akan mengikuti panduan yang sudah sejak lama diimplementasikan oleh bank susu di negara maju, ungkapnya.

Idenya datang karena ia melihat banyak neonatur yang sakit dan lahir prematur yang diberi susu formula – sebagian atau eksklusif – karena sang ibu tidak bisa menghasilkan ASI. Sebelum diizinkan pulang, neonatus yang dilahirkan sebelum usia kehamilan 32 minggu harus di rawat inap selama dua bulan.

Hingga 80% bayi di NICU dan ruang perawatan khusus harus mengonsumsi susu formula di KKH. "Bayi prematur memiliki sistem imunitas dan pencernaan yang belum matang. Sehingga bagi bayi ini, paparan terhadap susu sapi bisa membuat mereka terpapar banyak masalah," ungkap Dr Chua. Juga, para bayi ini lebih rentan mengalami necrotising enterocolitis.

"Dengan adanya ASI donor, kami bisa mengoptimalkan asupan nutrisi kelompok bayi yang rentan ini sejak beberapa hari pertama kehidupannya, dan juga memberikannya kesempatan untuk outcome kesehatan yang baik dalam jangka panjang," jelasnya.

Keamanan nomor satu: ASI donor harus melewati beberapa tahap pemeriksaan

Sebelum mendonasikan ASI berlebih, pendonor harus melewati berbagai macam pemeriksaan dan tes. Susu ini akan diperiksa mengenai kontaminasi bakterinya, dan kemudian dipasteurisasikan pada suhu 62,5 derajat Celcius selama 30 menit.

Setelah itu, ASI akan disimpan dalam pendingin (dibekukan) hingga didistribusikan. Keseluruhan proses akan berlangsung hingga empat hari. Bank akan mengeluarkan catatan donor untuk menjaga proses tetap transparan dan bisa dideteksi.

KKH akan menjadi pendahulu program ini selama satu tahun karena dua per tiga bayi prematur di Singapur lahir di rumah sakit ini. Proyek ini kemudian akan juga dilakukan di semua Rumah Sakit di Singapura selama beberapa tahun setelahnya.

Halimah Yacob, kandidat presidensial dan Pembicara Parlemen meluncurkan bank susu pada 17 Agustus, mengomplimentasikan KKH untuk membantu bayi prematur dan sakit.

Dr Chua Mei Chien explaining the milk bank processes to guest of honour, Halimah Yacob. Photo credit: KKH/ Straits Times
Dr Chua Mei Chien explaining the milk bank processes to guest of honour, Halimah Yacob. Photo credit: KKH/ Straits Times


"Sebagai seorang ibu dengan lima anak dan seorang ibu yang menyusui semua bayinya, saya paham pentingnya nutrisi ASI untuk anak-anak," jelasnya.

Bendahara Temasek Foundation Cares, Mohamed Salleh Marican, juga hadir saat peluncuran. Ia menjelaskan bahwa organisasi ini sudah memutuskan rencana tersebut secara bulan. "Semua dari kita setuju bahwa ini merupakan hal yang penting," ungkapnya.

Dalam hal ilmu agama, Islamic Religious Council of Singapore mengatakan bahwa bayi prematur Muslim boleh minum susu donor demi menjaga kesehatan anak. MIMS

Bacaan lain:
Justus von Liebig: Penemu susu formula untuk bayi yang baru lahir
Depresi setelah melahirkan: Bagaimana perawat bisa membantu
Ditemukan ratusan cacing hidup dalam perut seorang wanita India

Sumber:
http://www.tnp.sg/news/singapore/kkh-sets-human-milk-bank
http://www.straitstimes.com/singapore/health/kkh-rolls-out-spores-first-breast-milk-bank?login=true&paywall-error-type=concurrentLimitExceeded 
http://www.todayonline.com/singapore/singapores-first-human-milk-bank-opens