Semakin banyaknya praktek dokter yang buka, menyebabkan semakin sengitnya kompetisi untuk mendapatkan pasien. Dengan banyaknya alternatif yang tersedia, pasien dapat dengan mudah beralih ke praktek medis lain jika mereka tidak puas dengan pelayanan sebelumnya. Maka dari itu, sulit bagi beberapa dokter untuk mendapat target pasien mereka, atau buruknya, jika jumlah pasien mereka semakin berkurang. Tidak usah khawatir, terdapat beberapa cara untuk meningkatkan angka kunjungan pasien ke praktek Anda dan membuat mereka menjadi langganan Anda. Berikut apa yang dapat Anda lakukan:

Promosikan pelayanan Anda secara online

Promosi pelayanan dan praktek secara online bukanlah hal yang memalukan, tetapi (jika Anda melakukannya sendiri) promosi harus dilakukan dengan cara tertentu sehingga tidak terlihat mencolok di mata pasien. Dokter dapat bergabung dalam website pasien, khususnya komunitas dan forum, untuk mempromosikan pelayanan mereka dalam bentuk interaksi dengan pasien secara online dan menjawab pertanyaan mereka. Jika pasien menyukai bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka, ada kemungkinan mereka juga ingin menggunakan jasa pelayanan Anda dalam kehidupan mereka. Cara terbaik adalah bergabung ke website online dengan lokasi atau negara yang sama dengan praktek medis Anda, karena lokasi yang cocok akan mendorong mereka mengunjungi praktek Anda di saat mereka membutuhkan.

Teknik pemasaran masih berguna

Meskipun ini merupakan cara lama untuk meningkatkan angka kunjungan pasien, Teknik pemasaran yang baik dapat membantu memperkenalkan praktek Anda dan membuat calon pasien Anda mengetahui mengenai praktek Anda dan apa yang Anda tawarkan. Kebanyakan dokter tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan praktek mereka. Untungnya, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pemasaran, jadi daripada pusing mengerjakannya sendiri, gunakan jasa pelayanan mereka dan lihat cara kerja mereka dalam memasarkan praktek Anda.

Janji dan pengingat

Dorong pasien Anda untuk menentukan tanggal pemeriksaan selanjutnya ketika mereka datang dan selesai dengan pemeriksaan. Misalnya pada praktek dokter spesialis ortodonti yang memastikan pasien mereka datang periksa, karena mereka perlu mengencangkan kawat gigi mereka. Dokter dapat merekomendasikan untuk membuat janji pemeriksaan selanjutnya ke pasien dengan penyakit kronik atau masalah kesehatan yang tidak bisa sembuh.

Jika pasien memang ingin langsung membuat janji pemeriksaan selanjutnya, tawarkan mereka pilihan pengingat. Pengingat dilakukan melalui telepon, email, sms atau surat biasa ke pasien Anda untuk mengingatkan mereka bahwa mereka memiliki janji periksa ke tempat praktek Anda. Apakah itu pemeriksaan rutin atau vaksinasi, tawarkan pilihan pengingat agar mereka mau membuat janji pemeriksaan selanjutnya.

Sekarang, jika Anda mengalami peningkatan kunjungan pasien ke tempat praktek Anda, Anda harus mengaturnya dengan baik, pastikan kualitas pelayanan Anda tetap konsisten dan memberikan perawatan terbaik untuk pasien Anda.

Hindari membuat dua janji sekaligus

Ketika menjadwalkan janji periksa Anda, pastikan setiap janji tidak bentrok satu dengan yang lain, atau pasien akan malas datang ke tempat periksa Anda lagi. Waktu pasien juga merupakan waktu yang berharga, dan pembuatan jadwal yang buruk mengindikasikan Anda tidak respek pada waktu mereka.

Namun, waktu Anda juga merupakan aset sangat berharga. Pastikan Anda membuat jadwal dengan rentang waktu pendek dan panjang, dan atur setiap pasien ke waktu dimana Anda pikir pemeriksaan akan berlangsung. Pastikan mereka sudah ada di tempat periksa 5 menit sebelum janji dan sampaikan jika mereka tidak datang hingga lewat 5 menit dari waktu janji mereka, waktu mereka akan digunakan untuk pasien yang langsung datang.

Terakhir, selalu pastikan setiap kunjungan mereka menjadi sesuatu yang bisa mereka bicarakan ke keluarga dan teman. Buatlah mereka senang, sehingga mereka akan dengan senang hati menyeritakan pelayanan Anda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah angka kunjungan pasien dan membuat mereka menjadi pelanggan Anda. MIMS

Bacaan lain:
BARU: MIMS Karir untuk Apoteker dan tenaga kesehatan lain
Rasa takut kehilangan pada dokter
Resep hijau: Dokter meresepkan perubahan gaya hidup
Mengapa Anda perlu hidup teratur untuk menjadi seorang dokter?


Sumber:
https://www.intermedix.com/blog/5-ways-to-increase-patient-volume-and-grow-your-medical-practice
http://medicaleconomics.modernmedicine.com/medical-economics/news/5-ways-improve-patient-flow?page=full