Sekarang, pengetahuan kita mengenai kedokteran gigi membuat kita bisa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi – dan kesehatan mulut secara keseluruhan selama hidup kita – dan juga membuat kita bisa mengubah bentuk gigi seperti apa yang kita inginkan.

Meskipun demikian, bagi pasien di masa lampau, kunjungan ke dokter gigi bukan berarti mereka ingin mendapatkan intervensi demikian.

Kedokteran gigi di masa awal: Cerita sejarah

Bukti aktivitas kedokteran gigi pertama kali ditemukan dari 7000SM, di Lembah Indus, India. Mereka memiliki alat-alat primitif seperti bor dari kayu untuk mengobati lubang gigi.

Kemudian di 5000SM, di Sumer (sekarang Irak), lubang gigi disebut terjadi karena cacing gigi, yang dikatakan, mengebor lubang di gigi dan bersembunyi. Dilaporkan, beberapa dokter di masa lampau bahkan salah mengartikan saraf sebagai cacing gigi dan mencoba menangkapnya keluar.

Kemudian, di masa Yunani Kuno, Aristoteles dan Hippokrates menjelaskan, dalam tulisan mereka, bahwa ekstraksi gigi merupakan penyembuh nyeri mulut. Sejak abad pertengahan, ekstraksi gigi sudah dilakukan. Meskipun demikian di abad pertengahan, ekstraksi gigi tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan; namun oleh tukang cukur.

Pulling medieval teeth: A dentist with silver forceps and a necklace of large teeth, taken from the Omne Bonum, published in the 14th century. Photo credit: British Library/Robana/REX
Pulling medieval teeth: A dentist with silver forceps and a necklace of large teeth, taken from the Omne Bonum, published in the 14th century. Photo credit: British Library/Robana/REX


Pemotong rambut akan menggunakan alat yang disebut 'pelikan gigi' di abad ke-14 dan kemudian 'kunci gigi' di abad ke-15 untuk mengekstraksi gigi. Alat ini memiliki bentuk mirip dengan forceps yang ada sekarang ini – meskipun gigi tidak diekstraksi untuk mencegah penyebaran infeksi; tetapi hanya untuk meringankan rasa sakit. Meskipun demikian, tanpa anestesi, kegiatan tersebut sangat menyakitkan.

Dalam hal higienitas, orang-orang harus mencuci mulut mereka dengan air, mengelap gigi dengan kain dan kemudian mengunyah tumbuhan seperti mint untuk menjaga mulut tetap segar. Anggur, cuka dan alum juga digunakan untuk mencuci mulut.

Peran George Washington di ranah kedokteran gigi

Antara tahun 1650 dan 1800, kedokteran gigi modern mulai terbentuk – meskipun konsep cacing gigi masih digunakan hingga tahun 1700an. Pria yang memulai revolusi ini adalah dokter Perancis Pierre Fauchard, juga dikenal sebagai 'Bapak Kedokteran Gigi Modern'.

Otak di balik banyak prosedur yang masih digunakan sekarang, Fauchard mengembangkan konsep pengisi gigi dan mengemukakan ide bahwa gula merupakan sumber gigi bolong. Namun selain hal ini, ia juga merupakan orang yang merekomendasikan penggunaan urin sebagai pencuci mulut.

Meskipun demikian, di tahun 1790, pria yang lebih tidak terduga memiliki pengaruh besar di kedokteran gigi modern: Bapak pendiri Amerika, George Washington. Washington tidak beruntung, dimana saat ia menjabat seorang presiden, ia hanya memiliki sisa satu gigi.

George Washington was famously tight-lipped because of his poor teeth.
George Washington was famously tight-lipped because of his poor teeth.


Hal ini tidak tampak bagus di depan orang Inggris yang memberikan kemerdekaan kepada Amerika – Eropa lebih maju dalam praktek kedokteran giginya dan menganggap tampak fisik merupakan hal penting karena kehilangan gigi banyak dihubungkan dengan kerakusan, higienitas yang buruk, napas yang buruk, kurangnya disiplin diri, dan yang terburuk, sifilis.

Washington bukan hanya menimbulkan ejekan stereotipe bahwa warga Amerika memiliki gigi yang buruk. Ia juga – sebagai perwakilan negara – akan menciptakan stigma buruk untuk keseluruhan warga negara. Atau oleh Jennifer Horn, sejarawan Universitas Delaware, "dengan kata lain, Washington adalah keseluruhan negara Amerika".

Gigi palsu merupakan asal mula kedokteran gigi modern

Ia dengan demikian mendapat gigi palsu. Gigi palsu dibentuk dari daun emas, plat timbal, gading kuda nil, dan gigi sapi, kuda, dan yang paling mirip, budaknya. Washington memiliki beberapa gigi palsu selama hidupnya. ia memiliki gigi yang menguning dan tidak cocok dan merasa kesakitan saat ada yang menekan gigi palsu ke gusinya.

The lower half of a set of Washington’s dentures is seen at New York Academy of Medicine. Photo credit: Bob Tedeschi/Stat
The lower half of a set of Washington’s dentures is seen at New York Academy of Medicine. Photo credit: Bob Tedeschi/Stat


Dokter gigi pertamanya adalah seorang warga Inggris, John Baker, yang menurunkan tekniknya ke John Greenwood muda. Greenwood kemudian membuat gigi palsu presiden. Namun, makan dan berbicara dengan gigi palsu ini sangat menyakitkan. Dan karena gigi palsu ini menekan gusi – gigi palsu akan lepas, jika Washington membuka mulutnya terlalu lebar.

Washington dengan demikian berbicara dengan gaya menjepit dan lembut dan jarang sekali makan di jamuan makan malam. Namun, ia banyak minum anggur, dan dokter giginya menemukan bahwa gigi palsunya dengan demikian, "sangat hitam karena banyak terendam dalam anggur, atau karena kebiasaan minumnya".

Banyak alat gigi rumahan milik Greenwood, seperti 'alat gigi'nya, bor bertenaga kaki yang ia buat dari pemutar, masih ada. Greenwood mengajarkan anaknya mengenai teknik ini. Dan banyak orang mulai memahami kedokteran gigi sebagai suatu ilmu pengetahuan alam, fakultas kedokteran gigi pertama dibentuk pada 1840 – Baltimore College of Dental Surgery, di Amerika. Sejak saat itu, sikat gigi pertama mulai dipatenkan pada tahun 1857. Di tahun 1873, Colgate mulai memproduksi pasta gigi secara besar-besaran, dan sikat gigi elektrik pertama ditemukan di Switzerland tahun 1939. MIMS

Bacaan lain:
Menggertakkan gigi pada anak remaja bisa menjadi indikasi "perundungan"
Kerontokan gigi bisa jadi berhubungan dengan masalah kesehatan lain
Dongeng pola makanan dan terapi obat di balik gigi kaum Neanderthal

Sumber:
https://www.theguardian.com/society/gallery/2014/jun/16/a-history-of-dentistry-in-pictures#img-7 
http://www.historyundressed.com/2008/07/history-of-hygiene-bathing-teeth.html 
http://www.todayifoundout.com/index.php/2012/12/the-history-of-dentistry/ 
https://www.statnews.com/2017/07/03/george-washington-teeth/