Kondisi kulit kronik, eksim, diketahui memengaruhi sekitar satu dari lima orang Singapura dan sangat mengganggu kehidupan anak. Jika tidak ditangani dengan baik di masa kanak-kanak, penderitanya mungkin akan mengalami masalah psikologis di kemudian hari. Menurut dermatologis di KK Women's and Children's Hospital, eksim dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, menimbulkan rasa gelisah, dan bahkan dapat menyebabkan depresi. Inilah mengapa KK Women's and Children's Hospital bekerja sama dengan perusahaan farmasi besar di Asia, Hyphen Pharma, Fakultas Informasi dan Teknologi dan Politeknik Nanyang untuk membuat iControl Eczema app.

Aplikasi meliputi pemeriksaan eksim harian dengan sistem nilai

Aplikasi membuat anak dan orangtua dapat memonitor keparahan kondisi melalui sistem penilaian harian eksim, kalender eksim, dan bagan perkembangan penyakit. Aplikasi juga akan mengingatkan pengguna untuk mengirim atau menunjukkan bagan ini ke dokter, sehingga pasien dapat menerima pilihan terapi terbaik.

Kebanyakan regimen terapi untuk manajemen eksim berupa pelembap untuk meredakan rasa gatal dan bentol, dan krim steroid topikal. Pasien berusia muda diresepkan formulasi krim steroid dosis rendah untuk mencegah efek samping. Obat fototerapi, antibiotik, penekan imun, dan obat antivirus merupakan bentuk lain pilihan terapi yang direkomendasikan dokter ke pasien.

Aplikasi dibuat berdasarkan skor Waktu Keparahan Pasien Eksim (Patient Eczema Severity Time [PEST]) yang dibentuk oleh James M Mason, et al., sehingga juga dapat menilai reaksi pasien ke keparahan eksim. Terdapat pilihan: normal, sedikit tidak menyenangkan, agak tidak menyenangkan, tidak menyenangkan, dan terakhir, sangat tidak menyenangkan.

Cocok untuk anak eksim

Dr Mark Koh, kepala Bangsal Dermatologi di KK Women's and Children's Hospital, menyatakan bahwa aplikasi ini sangat cocok untuk anak eksim, karena mereka dapat dengan mudah menunjukkan kondisi mereka setiap hari saat pemeriksaan. Orangtua dengan anak terlalu kecil untuk pemeriksaan sendiri juga dapat menggunakan aplikasi, karena bentuk sistem penilaian didesain menggunakan emosi gambar kartun seperti tidak senang dan sakit. Desain ini membantu anak memilih reaksi berdasarkan gambar yang ditunjukkan dalam aplikasi.

Di samping itu, dokter di KK Women's and Children's Hospital dan partner mengatakan bahwa aplikasi dapat direkomendasikan untuk digunakan oleh semua orang yang menderita kondisi kulit, bukan hanya anak-anak. Aplikasi iControl Eczema tersedia gratis di platform Apple dan Android. MIMS