Hanya dengan bermain selama sepuluh menit sehari, pengguna dapat mengatur pola makan, melatih pikiran dan memilih makanan yang lebih sehat. Selain itu, berita baiknya adalah aplikasi ini mudah diunduh dan gratis!

Seorang psikolog dari Universitas Exeter mengatakan bahwa dengan memainkan aplikasi ini selama 10 menit sehari, pengguna dapat mengontrol nafsu terhadap makanan manis dan berlemak, begitu juga dengan alkohol.

Aplikasi Food Trainer, sebuah terobosan inovatif dari diet tradisional dengan memanfaatkan efisiensi teknologi, menggunakan game yang dapat memperlambat nafsu makan dan mengurangi asupan kalori lebih dari 200 kalori per hari.

"Ini adalah alat untuk membantu seseorang membuat pilihan yang lebih sehat. Sekarang, di mana makanan tak sehat sangat berlimpah dan mudah didapat, obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang berkembang. Maka dari itu, kami perlu merancang cara inovatif untuk membantu orang agar hidup lebih sehat," kata Dr Natalia Lawrence, seorang dokter spesialis saraf kognitif, yang merancang aplikasi ini untuk membantu orang mengatur pola makannya.

Hadiah untuk menurunkan berat badan

Aplikasi ini dibuat berdasarkan penelitian neurosains yang menunjukkan bagaimana hadiah bisa memengaruhi otak menciptakan rasa senang dan menyemangati penggunanya untuk lebih memilih makanan sehat.

Kami optimis aplikasi ini bisa mendorong penggunanya untuk lebih memilih makanan sehat seperti buah dan sayuran daripada makanan cepat saji," katanya.

Dalam penelitiannya pada 83 orang dewasa, Dr Lawrence menemukan bahwa orang-orang yang bermain game online empat kali dalam satu minggu mengalami penurunan berat badan dan mengurangi rata-rata 220 kkal per hari – kira-kira setara dengan satu donat cokelat.

Seorang pengguna, Fiona Furness, manajer studio berusia 50an, kagum dengan "cepatnya ia berhasil menurunkan berat badan". Berat badannya turun hingga 12,5 kg.

"Dulu sering merasa bersalah saat mengemil. Namun, karena saya tidak memiliki banyak waktu, saya terbiasa untuk makan makanan berkalori tinggi, namun tidak mengenyangkan – terutama keripik. Sekarang, jika merasa lapar, saya akan makan pisang atau satu pak kacang almond. Itulah makanan yang membuat saya bernafsu" kata Fiona.

Gambar makanan sehat dan tak sehat

Mereka yang sangat peduli terhadap berat badan disarankan untuk menggunakan aplikasi ini selama beberapa menit, setiap hari, tanpa gangguan dan mereka bisa menyesuaikannya untuk membantu pilihan makanan mereka setiap hari, termasuk memasukkan sayur ke dalam menu makanan harian.

Pada dasarnya, gambar makanan seringkali muncul dalam aplikasi, dan untuk menaikkan jumlah poin, pengguna dapat menekan gambar makanan sehat selagi mengabaikan pilihan yang tidak sehat. Hal ini akan merangsang respon penghargaan terhadap makanan sehat, sehingga otak akan terlatih  untuk memilih makanan yang lebih sehat.

Pengguna dapat memutuskan makanan mana yang ingin dihindari, dan aplikasi akan melacak konsumsi makanannya setiap bulan.

Dalam membantu menurunkan berat badan, aplikasi ini dapat mengatur perspektif dan mendorong konsep diri yang lebih positif.

Menurut Fiona, "menurunkan berat badan sebenarnya bukan tujuan saya – saya merasa lebih muda dan lebih energik. Mungkin saya sangat rentan terhadap latihan otak semacam ini, tetapi aplikasi ini sangat transformatif bagi saya."

"Saya merasa sangat senang melihat pelatihan gratis dan mudah seperti ini bisa mengubah pola makan dan memiliki pengaruh positif pada kehidupan seseorang," tutur Dr Lawrence. MIMS

Bacaan lain:
Apakah tidak sarapan lebih baik untuk tubuh?
Manfaat permen karet untuk kesehatan
6 tips sehat untuk menurunkan risiko diabetes

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/science/2017/01/15/lose-weight-without-dieting-simple-10-minute-game-retrains-brain/
http://www.news.com.au/world/breaking-news/new-brain-training-app-to-help-weight-loss/news-story/bc76707b0b7eeec24c8c0f82191bb0e7
http://www.barrheadnews.com/news/15024702.New_brain_training_app_can_aid_weight_loss/