Fasilitas kesehatan terus menghadapi banyak tantangan sekarang. Tekanan pekerjaan dan tingginya biaya hidup membuat tenaga kesehatan harus bekerja dengan jam kerja yang panjang yang bisa meningkatkan risiko membuat kesalahan. Malpraktek dan kelalaian bisa didefinisikan sebagai kegagalan mengikuti standar pelayanan dan menyebabkan timbulnya cedera, kerusakan atau kerugian. Beberapa kesalahan bisa terjadi karena kelelahan, atau bisa juga karena kecerobohan.

Cepatnya proses pengadilan

Semakin banyaknya malpraktek, semakin cepat juga pasien mencari keadilan melalui ranah hukum. Salah satu alasannya adalah mereka lebih memilih mengadukan ke pengadilan daripada menyelesaikan masalah secara langsung, bahkan meskipun tenaga kesehatan sudah mengakui kesalahannya. Proses pengadilan bisa jadi merupakan proses yang mahal dan memakan waktu. Menurut suatu laporan (Cohen & Hughes, 2007), kasus malpraktek di Malaysia membutuhkan waktu hingga empat tahun hingga bisa selesai. Meskipun beberapa orang mungkin menyarankan untuk menyelesaikan di luar pegadilan, sehingga tenaga kesehatan dan pasien bisa menghemat uang dan waktu, beberapa orang mungkin ingin memberi efek jera melalui sidang di atas meja hijau.

Di Singapura, koran Straits Times melaporkan bahwa pengaduan kasus pada dokter mengalami kenaikan hingga 90% dari tahun 2006 hingga 2011. Dari pengaduan ini, hanya 1% yang di bawa k ranah hukum, dan setengah lainnya diselesaikan dengan uang. Contoh terbaru adalah di bulan Juli 2015, dokter di Singapura mengaku menyebabkan kematian dua pasien dan berusaha menutup-nutupinya. Akhirnya ia dijatuhkan hukuman skors selama tiga tahun dan denda sebesar $6.000 atas dua tuduhan akibat kelalaiannya.

Bagaimana kondisinya di Asia

Dibanding Singapura, hanya sedikit pengaduan malpraktek di negara Asia lain. Yayasan dan praktisi kesehatan di negara lain bisa dikatakan dilindungi oleh respek orang-orang terhadap profesi tenaga kesehatan. Pasien tidak memiliki antusiasme mengadukan kesalahan tenaga kesehatan, terutama di negara yang tidak terlalu menghargai hak warganya. Di negara ini, asuransi kesehatan merupakan pilihan pribadi dan bisa jadi tidak diperlukan.

Namun, berbeda dengan kondisi di Macau dan Malaysia yang mendukung asuransi ganti rugi wajib untuk dokter; dan negara lain mungkin akan mengikuti pengaturan ini. Seiring dengan semakin meningkatnya akses orang Asia ke fasilitas kesehatan kualitas tinggi, semakin meningkat pula kemungkinan kejadian malpraktek dan dengan demikian penting bagi tenaga kesehatan untuk melindungi diri dari aduan malpraktek.

Komunikasi yang jelas merupakan kunci untuk menghindari tuntutan malpraktek

Sayangnya sekarang ini, memberi pelayanan terbaik tidak cukup untuk melindungi tenaga kesehatan dari tuntutan hukum. Pemerintah Singapura sekarang sedang mencari cara untuk mengubah peraturan kesehatan sehingga mereka dapat menghindari "pengobatan defensif", yaitu kondisi ketika dokter menyadari ada risiko malpraktek dan kesadaran ini memengaruhi prakteknya dalam konteks negatif. Tenaga kesehatan bisa mulai melindungi diri mereka dengan mengambil perlindungan terhadap malpraktek. Peningkatan pengaduan kasus malpraktek juga semakin meningkat akibat kesalahan komunikasi antara pasien dan tenaga kesehatan, serta deteriorasi kualitas tenaga kesehatan. Dengan demikian, pastikan Anda berkomunikasi dengan jelas dan konsisten dan bangunlah hubungan dokter-pasien yang baik sehingga Anda bisa menghindari tuntutan hukum akibat malpraktek. MIMS

Bacaan lain:
Mengapa ada pasien yang berbohong?
Resep hijau: Dokter meresepkan perubahan gaya hidup
Dokter: Bagaimana Anda dapat membicarakan mengenai kematian ke pasien
Kesalahan diagnosis: 37 hari untuk menemukan sebuah koin tersangkut di tenggorokan seorang balita
Penipuan kodein seharga S$524 pada dokter klinik oleh seorang wanita Singapura


Sumber:
https://www2.chubb.com/sg-en/business/the-best-medicine-against-malpractice-claims.aspx 
https://singaporelegaladvice.com/law-articles/medical-negligence-and-malpractice-in-singapore/ 
http://www.channelnewsasia.com/news/business/changes-to-be-made-to/2415356.html
http://locktonmedicalliabilityinsurance.com/7-best-practices-avoiding-malpractice-lawsuit/
https://www.sgh.com.sg/about-us/newsroom/News-Articles-Reports/Pages/RiseinclaimsagainstdoctorshereMoreclaimsdon%E2%80%99tmeanworsequalityofcare.aspx