Hampir semua dari kita menyimpan obat di rumah untuk kondisi darurat, dan sejumlah besar orang, termasuk apoteker, masih menyimpan obat meskipun obat sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Banyak orang percaya bahwa obat yang sudah kedaluwarsa harus segera dibuang, tetapi banyak pasien bertanya-tanya: Apa sebenarnya tanggal kedaluwarsa itu?

Apakah obat benar-benar kedaluwarsa?

Tidak seperti makanan tradisional, obat-obat seperti penghilang nyeri atau obat flu (kecuali sirup dan larutan rekonstitusi) tidak memiliki tingkat kelembapan tertentu. Dengan demikian tablet dan kapsul ini tidak "berubah bentuk" ketika disimpan dengan benar. Banyak obat oral masih memiliki bentuk, kekerasan dan warna yang sama seperti sebelum melewati tanggal kedaluwarsa.

Meskipun demikian, senyawa aktif dalam kapsul dan tablet akan secara alami mengalami degradasi. Proses degradasi akan dipercepat jika obat terpapar matahari atau panas berlebih, karena paparan tersebut bisa mempercepat reaksi kimia pendegradasi. Hasilnya, potensi obat ini akan semakin menurun.

Tanggal kedaluwarsa obat tidak dibuat dengan sembarangan. Dibutuhkan penelitian saintifik untuk menguji seberapa lama potensi obat bisa bertahan. Misalnya, produk obat yang sudah jadi secara sengaja dipaparkan ke lingkungan berbeda dengan tingkat suhu, kelembapan dan periode penyimpanan bervariasi untuk mengetahui bagaimana degradasi obat bisa merespon ke faktor eksternal ini.

Secara umum, obat akan kehilangan sekitar 10% potensi awal ketika obat sudah mencapai tanggal kedaluwarsa.

Apakah aman mengonsumsi obat yang sudah kedaluwarsa?

Jika obat kedaluwarsa hanya kehilangan 10% potensinya, apakah masih aman untuk mengonsumsinya? Tablet yang masih memiliki 90% efikasi tampaknya bukan tablet yang buruk. Meskipun tidak ada laporan spesifik yang menghubungkan konsumsi obat kedaluwarsa dengan toksisitas pada manusia, namun ada beberapa faktor tambahan yang perlu diperhatikan.

Pertama, tanggal kedaluwarsa obat yang terkandung dalam sediaan larutan atau suspensi rekonstitusi mungkin tidak bisa mengembalikan potensinya, begitu juga dengan bentuk formulasi padat. Selain itu, tidak direkomendasikan untuk menggunakan obat injeksi yang sudah kedaluwarsa karena senyawa ini bisa menempatkan pasien ke risiko efek simpang yang tidak diinginkan. Misalnya, epinefrin dalam autoinjector EpiPen telah ditunjukkan akan kehilangan potensinya setelah tanggal kedaluwarsa; begitu juga dengan insulin yang memiliki pola degradasi serupa setelah kedaluwarsa.

Kedua, kehilangan potensi bisa menjadi masalah utama untuk obat dengan indeks terapeutik yang sempit, antibiotik, atau obat lain yang diindikasikan untuk mengontrol penyakit kronis. Menggunakan antibiotik misalnya: obat sub-poten yang tidak mencapai konsentrasi penghambat minimum bukan hanya akan gagal melakukan eradikasi pada infeksi berbahaya tetapi juga bisa berkontribusi ke masalah resistensi.

Beberapa obat yang sudah kedaluwarsa mungkin masih bisa digunakan

Di bawah kondisi tertentu, ada kemungkinan obat kedaluwarsa masih bisa digunakan untuk tujuan lain. Misalnya pada kasus U.S. FDA Shelf-Life Extension Program (SLEP) yang memiliki paten Tamiflu (Suspensi Oral) di luar batas tanggal kedaluwarsa terlampir. Pengujian telah banyak dilakukan untuk memastikan obat ini masih memiliki potensi yang sama bahkan setelah tanggal kedaluwarsa sebelum mengklaim hak paten tersebut.

Namun perlu diingat, ini merupakan kasus langka karena produk farmasetikal tidak ditujukan untuk digunakan, secara legal dan klinis, setelah tanggal kedaluwarsa. Tenaga kesehatan harus berhati-hati untuk menyeimbangkan risiko dan manfaat obat, dan sangat disarankan untuk mengevaluasi situasi setiap kasus obat yang berhubungan dengan tanggal kedaluwarsa. MIMS

Bacaan lain:
Menghadapi krisis penggunaan obat
Kesalahan penggunaan kotak pil yang mungkin terjadi
4 jenis paten farmasetik yang harus diketahui farmasis
4 sumber informasi obat dan farmakologi yang wajib dimiliki


Sumber:
http://www.npr.org/sections/health-shots/2017/02/06/513254232/when-old-medicine-goes-bad
https://www.drugs.com/article/drug-expiration-dates.html
https://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/SpecialFeatures/ucm481139.htm
https://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/PostmarketDrugSafetyInformationforPatientsandProviders/DrugSafetyInformationforHeathcareProfessionals/ucm184770.htm