Masalah kesehatan mental masih menjadi tantangan di dunia akibat kesenjangan pengobatan. Walaupun berbagai kebijakan telah diterapkan dan dukungan telah tersedia, namun isu dan kurangnya pendampingan dari tenaga kesehatan profesional masih belum dapat teratasi.

Perusahaan teknologi besar akhir-akhir ini turut berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatan mental ini dengan memanfaatkan teknologi. Mereka berharap dapat membantu para penderita gangguan mental melalui aplikasi dan website secara anonim.

Berikut ini adalah tiga platform digital yang tersedia:

1. EMBED

EMBED, proyek yang dikerjakan oleh Kanada dan Cina selama lima tahun untuk meningkatkan pengobatan kesehatan mental, merupakan suatu platform digital yang membantu menangani masalah kesehatan mental melalui aplikasi telepon pintar, pesan teks, dan rekam medis elektronik. Program ini dikembangkan melalui kolaborasi antara APEC Digital Hub for Mental Health, yang terdiri dari University of British Columbia (UBC), University of Alberta, dan Mood Disorders Society of Canada.

Lloyd Longfield, anggota parlemen liberal yang mewakili kota Guelph di Ontario menunjukkan potensi besar proyek ini yang dapat mencakup target populasi dengan prevalensi tinggi, yaitu remaja dan dewasa muda pengguna platform digital. Menurut laporan tahun 2010, sekitar 49,5% remaja Amerika Serikat memenuhi kriteria gangguan kesehatan mental.

Aplikasi ini bekerja dengan memberi peringatan ketika seorang pelajar menarik diri dari aktivitas kelas atau sosial, atau mengalami penurunan nilai secara tiba-tiba. Dengan demikian, orang-orang di sekitar mereka dapat mengenali gejala gangguan mental sehingga dapat memberikan bantuan lebih awal. Bagi para remaja yang merasa tertekan dan lebih memilih untuk tidak melakukan kontak langsung dengan psikiater atau ahli kesehatan mental, terdapat juga aplikasi lain yang dapat membantu mereka melewati keadaan depresi.

Menurut Longfield, walaupun terdapat perdebatan mengenai risiko penggunaan telepon pintar dan dampaknya terhadap kesehatan mental, penggunaan teknologi secara positif dapat membantu para penderita gangguan kesehatan mental. “Kami berada dalam titik dimana terdapat beberapa peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui aplikasi dengan jaringan seperti ini,” tuturnya.

2. Wysa

Wysa is a compassionate chatbot for behavioural health. Photo credit: Wysa
Wysa is a compassionate chatbot for behavioural health. Photo credit: Wysa

Wysa
, yang berasal dari kata “wise friend” atau “teman yang bijaksana”, merupakan suatu program teman pintar dalam aplikasi telepon pintar. Program ini diluncurkan oleh pasangan suami-istri bernama Ramakant Vempati dan Jo Aggarwal pada bulan Januari tahun lalu untuk membantu penderita gangguan kesehatan mental ringan.

Dengan pengguna berjumlah 100.000 orang saat ini, program ini menggunakan teknik cognitive behavioural therapy, serupa dengan buku motivasi diri interaktif.

“Wysa dirancang agar dapat dijangkau dengan mudah sehingga dapat menjadi pendengar yang berempati dan mengaplikasikan teknik cognitive behavioural therapy untuk membantu mengubah perasaan,” tutur pengembang utama Wysa, Shubhankar Sarda.

Namun menurut Esme Shaller, seorang psikolog dari University of California San Francisco, aplikasi ini masih memiliki beberapa hambatan.

Esme mengatakan bahwa aplikasi seperti Wysa mungkin tidak dapat mengenal bahasa tersirat. Shaller mengingat suatu waktu saat seorang pengguna meninggalkan pesan suara di ponselnya yang mengatakan, “Aku mencintaimu, Esme.” 

“Hanya itu yang dikatakan klien tersebut di telepon. Saya tahu bahwa dia akan melakukan percobaan bunuh diri dan saya berhasil mencegahnya,” ujar Shaller. “Tetapi program simulasi percakapan otomatis tentu akan membalas, ‘Aku mencintaimu juga!’”

Tetapi Shaller melihat peluang untuk aplikasi seperti Wysa. Remaja cenderung merasa lebih nyaman untuk mengungkapkan isi hati di dalam ponsel mereka sebab mereka cenderung ingin menjaga kerahasiaan data emosional pribadi.

3. YourDOST


YourDOST merupakan sebuah platform konsultasi kesehatan mental online yang diluncurkan tahun 2014. Platform ini menyediakan akses yang nyaman dan anonim bagi masyarakat yang memiliki masalah kesehatan mental agar dapat berkomunikasi dengan para ahli, seperti mentor kehidupan, psikolog, dan individu berpengalaman lainnya. Melalui website atau aplikasi ponsel, pengguna dapat mencari bantuan dengan percakapan langsung, email, atau membuat janji pertemuan dengan ahli yang mereka pilih.

Contoh kasus suksesnya antara lain membuat seorang mahasiswi berbicara. Gadis  ini diperkosa oleh gurunya di sekolah, tetapi ia tidak dapat menceritakannya kepada dokter walaupun telah menjalani terapi mental selama empat tahun. “Ia menyatakan bahwa ia sangat bahagia dengan adanya platform digital seperti ini, dan seandainya platform ini diluncurkan lebih awal, ia mungkin sudah dapat berbicara dan menyelamatkan dirinya dari pergumulan yang terjadi bertahun-tahun,” tutur Richa Singh, penemu dari YourDOST.

Platform ini juga dapat digunakan oleh orangtua yang ingin mencari bantuan untuk anaknya. “Beberapa orangtua menghubungi kami terkait masalah perilaku anak mereka. Kami bertindak sebagai jembatan penghubung antara orangtua dan anak, karena hanya para ahli yang dapat menangani masalah tersebut,” ujar Richa. MIMS

Bacaan lain:
Kecerdasan buatan: Teman atau lawan di era digital medis
Kesalahan informasi di era digital
Teknologi digital untuk kemajuan industri kesehatan

Sumber:
http://www.cbc.ca/news/politics/canada-china-mental-health-care-1.4395193
https://mdsc.ca/canada-and-china-team-up-to-tackle-mental-health-announcement-on-outskirts-of-apec-meetings-in-da-nang/ 
https://economictimes.indiatimes.com/industry/healthcare/biotech/healthcare/technology-providing-a-helping-hand-to-those-fighting-with-mental-health-issues/articleshow/61083373.cms
https://youthradio.org/journalism/tech/could-your-next-therapist-be-your-phone/ 
http://www.smh.com.au/technology/innovation/tech-support-how-our-phones-could-save-our-lives-by-detecting-mood-shifts-20171106-gzfrg5.html
https://youth.gov/youth-topics/youth-mental-health/prevalance-mental-health-disorders-among-youth
http://www.thehindu.com/features/metroplus/yourdost-is-a-helping-voice/article7936971.ece
https://www.wysa.io/ 
https://yourdost.com/