Air susu ibu (ASI) sebagai makanan ajaib bayi sedang menarik perhatian banyak orang. Peran ASI semakin meluas, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan perut bayi, namun juga bagi orang dewasa. Seperti efeknya dalam membantu perkembangan bayi; ASI, juga, manfaat kepada lebih banyak orang – keluar dari lingkarannya untuk bayi yang baru lahir.

Peneliti sekarang menemukan manfaat ASI bagi orang dewasa.

ASI sudah sejak lama diberikan kepada bayi mengingat kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi; tetapi, juga gula yang berguna untuk mencegah terjadinya infeksi.

Dengan demikian, fakta menunjukkan bahwa gula ASI mungkin menjadi tren kesehatan terbaru dan orang dewasa munhkin akan segera bisa mendapatkan suplemen kesehatan ini.

Perusahaan bioteknologi Berkeley, Sugarlogix, mempelajari cara mengosilasi gula yang membuat ASI menjadi cairan unik, dan mengubahnya menjadi suplemen prebiotik serbuk.

Sugarlogix founders Kulika Chomvong (left) and Chaeyoung Shin. Photo: Or Weizman/Berkeleyside
Sugarlogix founders Kulika Chomvong (left) and Chaeyoung Shin. Photo: Or Weizman/Berkeleyside


Perusahaan baru ini berharap memasarkan manfaat ASI kepada orang dewasa, dan kemudian menjual gula ASI ke produsen makanan.

"Ini merupakan pertama kalinya orang dewasa bisa mendapatkan manfaat dari ASI. Kami ingin memproduksi makanan yang pertama kali dikonsumsi saat bayi, dan itu adalah ASI," ungkap Kulika Chomvong, chief executive officer Sugarlogix.

"Kami tertarik pada prebiotik dan menyadari bahwa ASI merupakan jenis prebiotik pertama yang ada di alam," tambahnya.

Manfaat ASI untuk orang dewasa masih belum jelas

Pertanyaan yang selanjutnya timbul adalah: Bisakah superfodd ini memberikan efek yang sama pada mikrobioma orang dewasa?

Michael Miller, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Illinoid, mengatakan bahwa manfaat sintesis gula pada bayi masih belum jelas, begitu juga untuk orang dewasa.

Sugarlogix is exploring the feasibility of isolating these sugars that make breast milk unique, and turning it into a powdered prebiotic supplement. Photo credit: Sugarlogix/Channel News Asia
Sugarlogix is exploring the feasibility of isolating these sugars that make breast milk unique, and turning it into a powdered prebiotic supplement. Photo credit: Sugarlogix/Channel News Asia


"Setiap ibu menghasilkan komposisi ASI yang berbeda. Dan sangat sulit untuk mereplikasinya," jelasnya.

"Beberapa gula sederhana yang paling banyak ditemukan dalam ASI ibu sekarang bisa dibuat secara lebih ekonomis. Tetapi, masih belum jelas apakah gula sederhana ini akan memberikan manfaat seperti pada gula ASI, atau apakah manfaatnya hanya bisa ditemukan dalam ASI."

Miller menambahkan bahwa ada bukti penelitian yang menunjukkan bahwa ASI menghasilkan resistensi terhadap infeksi pada bayi – dan kemungkinan, orang dewasa mungkin bisa mendapatkan manfaatnya.

Hingga di titik ini, ia merasa ide tersebut tidak masuk akal, dan jika seseorang benar-benar mendapatkan manfaatnya, maka kemungkinan efeknya muncul karena mengonsumsi pil untuk tujuan spesifik tertentu, bukan karena vitamin harian.

ASI 'lebih baik' daripada campuran protein yang biasa dikonsumsi binaragawan?

Banyak atlet tidak mengonsumsi serbuk protein mereka dan menggantinya dengan ASI sebagai pemicu performa.

Profesor Asosiasi Jill Sheriff, seorang ahli dalam biokimia nutrisional di Universitas Curtin, mengatakan meskipun ASI mengandung nutrisi yang baik untuk bayi, namun tidak ada manfaat nutrisi bagi orang dewasa yang "tidak bisa diperoleh dari makanan lain".

"Beberapa protein pemicu sistem imun dalam ASI tidak akan bertahan dalam saluran pencernaan orang dewasa karena sistemnya sudah matang [lambung menghasilkan lebih banyak asam, dan kadar enzim tertentu tampak lebih tinggi], ungkap Jill.

Namun tetap saja, permintaan ASI masih sangat tinggi dalam bank ASI online, dengan membayar para ibu dengan USD1200 per bulan untuk memproduksi dan menjual ASI-nya.

"Hal ini akan membuat orang-orang tidak lagi membeli ASI dari sumber tidak jelas," ungkap dokter pediatrik Lana Gagin.

"Cara susu disimpan dan diproses tidak selalu aman. Tidak ada kandungan dalam ASI yang mungkin akan memberikan manfaat para orang dewasa sehat [dan] tidak ada yang khusus dalam ASI yang akan meningkatkan performa fisik."

ASI bisa digunakan sebagai obat kanker

Dilaporkan bahwa konsultan laktasi Jenny Jones mulai minum ASI yang ditolak oleh bank susu untuk memicu sistem imunnya saat transplantasi sumsum tulang. Meskipun ia juga melakukan kemoterapi, namun ia mengakui ASI benar-benar memainkan peran penting dalam terapinya.

Peneliti Swedia Profesor Catharina Svanborg yang penelitiannya berfokus pada alfa-laktalbumin-manusia yang letal terhadap sel tumor (HAMLET), memeriksa kemampuan membunuh kanker pada ASI.

Meskipun penelitian pada manusia menunjukkan hasil menjanjikan, namun ahli kanker merasa belum ada penelitian yang lengkap atau sedang berjalan mengenai HAMLET.

Jill percaya bahwa karena ASI sangat penting bagi bayi, maka memberikannya kepada orang dewasa bukanlah merupakan prioritas bank susu atau peneliti.

"Meskipun terbukti berguna, dimana kita bisa mendapat cukup ASI untuk orang dewasa?" tanya Jill.

Mungkin, sebelum menjual kue atau keju ASI, orang dewasa harus memberikan kesempatan ASI untuk para bayi, dan tidak merebutnya untuk dijadikan superfood. Bukankah akan lebih baik jika orang dewasa berhenti merebut apa yang menjadi milik bayi, dan bertingkah seperti orang dewasa? MIMS

Bacaan lain:

Kunyit: Fakta dibalik 'superfood'
Susu kecoa - Makanan sehat terbaru
Makanan adalah obat: Apakah nutrisi saja cukup untuk menyembuhkan penyakit?

Sumber:
https://gizmodo.com/is-breast-milk-good-for-grownups-1819217783
http://www.channelnewsasia.com/news/health/us-company-aims-to-develop-breast-milk-products-for-adults-9303776
https://medicalxpress.com/news/2017-10-breast-boost-athletic-adults-cancer.html
https://medicalxpress.com/news/2015-02-breast-consumption-trending-body-builders.html#nRlv