Telur giok Gwyneth Paltrow sedang banyak diperbincangkan oleh penggemar yang menginginkan hubungan seksual yang lebih baik dan energi feminin. Telur yang dihargai $66 per satuannya habis terjual dan banyak konsumennyamengagumi efek positifnya, meskipun dokter obstetrik dan gynaekologi tidak percaya dan menyebutnya omong kosong.

Gwyneth menjualnya dengan menyebut cerita sejarah saat ratu dan selir menggunakan telur ini untuk tetap bugar dan merupakan "pendetoks yang baik".

Faktanya, artis Shiva Rose yang sudah menggunakan telur ini selama bertahun-tahun merasa telur ini memberi efek mempercantik wajah dan "mengeluarkan dan membersihkan aura negatif", dan penggemar lain menyebutkan bahwa telur giok bisa meningkatkan  unsur chi, kepuasan orgasme, pola otot vagina, keseimbangan hormon, dan semua energi feminin.

Telur "tidak mungkin secara biologis" bisa meningkatkan libido

Artikel di situs Paltrow memang menyatakan bahwa telur "bukan, tidak bisa dijadikan, pengganti saran, diagnosis, atau terapi medis, dan tidak lebih baik dibandingkan saran medis spesifik."

Meskipun demikian, ahli membacanya sebagai saran yang tidak berdasar dan memperingati penggunanya mengenai potensi risiko kesehatan seperti infeksi bakteri dan sindrom syok toksik.

Jen Gunter, seorang dokter obstetrik dan gynaekologi di Kaiser Permanente di San Francisco, mengatakan bahwa klaim telur giok bisa menyeimbangkan hormon merupakan hal yang "tidak mungkin terjadi secara biologis."

"Tidak ada yang menguatkan seorang wanita selain keinginan untuk menyenangkan prianya!" ungkap Dr Gunter. "Olahraga lantai untuk pelvis bisa membantu mengatasi inkontinentas dan memberikan orgasme yang lebih kuat ke beberapa wanita, tetapi tidak bisa mengubah hormon."

Christine Greves, seorang dokter obstetrik dan gynaekologi di Rumah Sakit Winnie Palmer untuk Wanita dan Anak di Orlando Sehat, mengatakan bahwa "mendetoksifikasi" vagina - baik dalam bentuk membilas atau yang lain - sebenarnya tidak diperlukan atau direkomendasikan.

"Jika seorang wanita mengeluhkan beberapa masalah mengenai vaginanya, ada bau tidak sedap atau mengeluarkan cairan yang tidak biasa, ia perlu menemui dokter karena ia mungkin mengalami infeksi yang perlu diterapi," katanya.

Leena Nathan, seorang asisten profesor klinis dari obstetrik dan gynaekologi di UCLA Sehat di Los Angeles, menjelaskan bahwa "giok tidak mengubah hormon, meskipun sudah dimasukkan ke vagina."

Daripada meminta bantuan dari batu giok, Nathan lebih menyarankan wanita untuk "menghemat uangnya dan menemui dokter terapi lantai untuk pelvis."

Pernyataan palsu selebriti lain

Banyak orang ingin mengikuti seseorang yang mereka gemari, sebagaimana dilaporkan oleh peneliti dari Universitas McMaster. Banyak yang melakukannya meskipun ada efek berbahaya untuk kesehatan, bahkan meskipun efikasinya banyak dipertanyakan.

Kasus lain adalah pil obat untuk mual di pagi hari yang dipromosikan oleh Kim Kardashian yang dipertanyakan efektivitasnya oleh Food and Drug Administration (FDA). Meskipun ada data yang tidak jelas, pil ini tetap dipromosikan.

Nav Persaud, seorang dokter keluarga dan peneliti di Rumah Sakit St. Michael, yang ikut menganalisis, mengatakan, "Semua yang berhubungan dengan obat ini harus ditinjau kembali. Hingga ada bukti jelas bahwa ini merupakan obat yang efektif, dokter harus berhenti meresepkannya dan pasien harus berhenti menggunakannya."

Bisnis menguangkan apa yang mudah dipercaya. Cuitan atau kiriman di Facebook dan bahkan webiste yang tida jelas dan iklan mengklaim bahwa selebriti mendukung penggunaan produk ini, meskipun mereka tidak pernah melakukannya, dan orang-orang tetap percaya akan ide ini.

Karena terobsesi dengan selebriti yang tampak sempurna, orang-orang mau percaya pada laporan palsu bagaimana Melissa McCarthy turun 50 pound dan John Goodman turun 100 pound tanpa mengubah pola makan. Beberapa bahkan mau membekukan diri mereka sendiri untuk menurunkan berat badan hanya karena Demi Moore menggunakan cryotherapy, meskipun belum jelas efeknya menurut sains.

Hal serupa, kebutuhan banyak tes skrining seperti mammogram telah terlalu banyak dilakukan. Setelah Angelina Jolie menyebut bahwa ia memiliki mutasi gen yang berisiko menyebabkan kanker payudara dan ovarium, antara 80 dan 100 wanita di Singapura berbondong-bondong melakukan tes ini setiap tahunnya. MIMS

Bacaan lain:
Menghadapi krisis penggunaan obat
5 poin penting BPJS yang perlu diketahui oleh tenaga kesehatan
5 bencana dalam dunia medis dan pengobatan
Bagaimana kritikan bisa meningkatkan kemungkinan melakukan kesalahan dalam dunia medis?