Berbagai manfaat teh telah membuatnya menjadi satu dari banyak minuman paling disukai di dunia. Berikut 9 teh lain dan manfaat kesehatan yang dihasilkannya:

1. Teh hitam

Sebagai minuman berkafein tinggi dan banyak disukai orang, teh hitam memiliki kandungan antioksidan thearubigin dan theaflavin tinggi, yang bisa menurunkan angka kolesterol dan mencegah berbagai bentuk kanker. Meningkatkan kesadaran mental dan energi juga menjadi alasan lain mengapa banyak orang menyukai teh hitam ini.

Dr Debra Rose Wilson, seorang profesor keperawatan dari Universitas Swasta Tennessee mengatakan, "Jumlah kafein dalam satu gelas teh hitam tergantung pada seberapa kental Anda membuat teh Anda. Satu gelas teh hitam (8 ons) mungkin mengandung sekitar 14 dan 70 mg kafein. Bahkan teh dekafein masih mengandung kafein hingga 12 mg. Hasilnya, teh hitam bisa berguna untuk meningkatkan kesadaran mental dan konsentrasi."

2. Teh peppermint

Teh yang menyegarkan ini dibuat dengan daun peppermint. Kandungan menthol dalam teh ini sangat berguna untuk mengeliminasi bau mulut, meningkatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan dan menyembuhkan mabuk dan mual.

3. Teh spearmint

Sama seperti peppermint, spearmint juga memiliki efek serupa dalam menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, meningkatkan sistem imun dan mengeliminasi rasa mual. Meskipun demikian, spearmint tea merupakan alternatif teh peppermint yang lebih manis dan memiliki kandungan menthol lebih rendah. Penelitian mengindikasikan bahwa ekstrak spearmint memiliki "kandungan fenol total dan flavonoid yang baik" dan "aktivitas antioksidan yang sangat baik."

4. Teh marigold

Bunga marigold atau calendula yang cantik merupakan bunga obat. Teh dari bunga marigold bisa meredakan gejala penyebab gangguan pencernaan. Teh marigold juga berguna untuk terapi gastritis, refluks asam dan ulkus, dan juga meredakan kram perut atau menstruasi.

Dalam penelitian mengenai kemampuan marigold untuk meredakan spasme otot, ditemukan bahwa, "marigolg bisa menurunkan kram dengan meningkatkan aliran darah ke daerah yang sakit dan menurunkan respon inflamasi. Kuntum bunga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan kesehatan hati atau diaplikasikan di daerah abdomen dalam salep atau dalam bentuk ekstrak untuk menyembuhkan otot yang tegang melalui kulit."

5. Teh bunga hibiscus

Ada 232 spesies hibiscus dan tidak semuanya bisa menyembuhkan penyakit atau bisa digunakan sebagai teh, misalnya seperti bunga Hibiscus rosa-sinensis. Tanaman Hibiscus sabdariffa, sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena bunga, buah dan khususnya kaliksnya bisa digunakan untuk membuat teh bunga hibiscus atau rosella. Teh dengan rasa seperti cranberry ini kaya akan vitamin A, vitamin C, zinc dan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Teh ini bisa membantu meningkatkan sistem imun, memperlancar sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol.

6. Teh jasmine

Saat dicampur dalam teh hijau, bunga jasmine memberikan bau yang cantik dan memiliki sifat aromaterapi untuk mempromosikan relaksasi dan pereda stres. Manfaat kesehatan lainnya meliputi bisa mencegah flu karena sifat antivirus dan antibakterinya, dan juga kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas untuk memperlambat proses penuaan dan perkembangan kanker.

7. Teh safron

Teh safron, rempah-rempah paling didambakan dan paling mahal di dunia, merupakan teh yang sangat baik untuk memperbaiki suasana hati seseorang. Satu penelitian lama menemukan bahwa safron sama efektifnya dengan obat antidepresan fluoxetine untuk terapi depresi ringan hingga sedang. Kajian unu juga menyebutkan bahwa safron merupakan alternatif yang baik bagi orang-orang yang tidak bisa mentoleransi obat antidepresi. Teh safron juga bisa meredakan ketidaknyamanan saat menstruasi dan juga meningkatkan ingatan, yang bisa menjadi alternatif untuk terapi penyakit Alzheimer.

8. Teh kayu manis

Selain banyak digunakan untuk memasak, kayu manis memiliki berbagai macam manfaat kesehatan karena kandungan antiseptik dan antiinflamasinya. Minum teh kayu manis bisa membantu menurunkan berat badan sebagai pembakar lemak yang baik. Teh ini juga membantu menurunkan gula darah, meregulasi menstruasi dan menyembuhkan gangguan pencernaan. Bagi penderita diabetes tipe 2, satu gelas teh ini bisa membantu menstabilkan nilai gula darah.

9. Teh lemon

Teh lemon biasanya hanya berisi lemon dan pemanis seperti madu. Lemon memiliki sifat astringen yang bisa menyembuhkan gangguan kulit seperti jerawat dari dalam tubuh. Cara paling mudah dan termurah untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan meminum teh lemon hangat di pagi hari, sehingga tubuh bisa berfungsi maksimal. MIMS

Bacaan lain:
9 teh yang baik untuk kesehatan
Kopi, tidur atau keduanya?
Mengapa tenaga kesehatan lebih memilih teh daripada kopi?
Tips berjaga malam untuk perawat


Sumber:
https://www.scoopwhoop.com/different-kinds-of-tea-and-their-benefits/#.dnh624z5z
http://inspiyr.com/health-benefits-of-different-types-of-tea/
http://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-their-health-benefits#1
https://www.elephantjournal.com/2014/02/different-types-of-tea-their-remarkable-benefits/
http://www.thefitindian.com/health-benefits-of-herbal-teas/
https://www.tapgenes.com/blog/5-teas-health-benefits/