Peneliti di Imperial College, London, mengatakan bahwa untuk mendapatkan perlindungan maksimum melawan penyakit dan kematian sebelum waktunya, kita perlu makan 10 potong buah dan/atau sayuran setiap hari. Hal ini mungkin tampak sebagai suatu tantangan bagi yang tidak menyukai sayur. Berikut 8 cara untuk membantu Anda mengonsumsi sayur-mayur ini.

1. Menambah jumlahnya

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan asupan sayur adalah dengan mengonsumsi sesuatu yang Anda sukai, dan kemudian menyelipkan sayuran ke dalamnya. Terus mengevaluasi pola makan Anda dan mencari cara untuk memasukkan sayur dalam menu makan sehari-hari juga akan sangat membantu.

Cobalah menambahkan banyak sayuran berwarna seperti kol merah, wortel, daun bawang, tomat dan paprika ke dalam roti atau telur untuk sarapan. Meskipun Anda mungkin ingin mengonsumsi pasta untuk makan siang, cobalah untuk memasukkan parutan wortel dan zucchini. Cobalah juga teknik ini pada sup dan salad. Saat istirahat, hindarilah soda atau kopi, dan cobalah meminum jus sayuran.

2. Berpesta dengan sayur

Mengapa tidak menciptakan alasan untuk mengonsumsi sayuran seperti mengadakan pesta sayur dengan berbagai makanan dari sayur segar dan kue atau bahkan es krim dari sayuran. Jika semua orang menyukai pesta sayuran Anda, Anda pun pasti akan lebih termotivasi untuk mengonsumsi lebih banyak sayur.

Untuk memasak sayuran, adakan kontes sayuran atau mencoba resep baru setiap minggunya. Berbelanja sayur dengan keluarga juga merupakan salah satu ide kreatif yang bisa dilakukan, selain untuk mendekatkan keluarga, juga untuk kesehatan.

3. Variasikan makanan Anda

Siapkan beberapa jenis makanan, tetapi dengan porsi lebih sedikit dan taburkan sayuran. Orang Asia cenderung menyukai berbagai macam makanan dan kegiatan makan terkadang tampak seperti sesi pencicipan biasa.

Saat ada banyak makanan, Anda bisa memakan sedikit sayuran, dan menyebabkan Anda terkadang tidak menyadarinya. Misalnya saja, Anda bisa mempersiapkan ayam atau sapi bersama dengan bawang bombay, wortel atau brokol. Variasikan makanan Anda dan cobalah sayuran baru. Ubahlah sayur biasa menjadi manis, asin, dan rasa lain yang Anda sukai. Saat sayuran diletakkan di sepanjang makanan daging kesukaan Anda, secara tidak sadar Anda akan mulai mau mencoba memakan sayuran tersebut.

4. Membuat acar

Acar sangat mudah dikonsumsi terutama saat Anda menyukai sesuatu yang asam dan manis. Bagi orang Korea, makanan tidak lengkap tanpa kimchi, kubis terfermentasi dengan bau khas tetapi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Biasanya hanya dibutuhkan waktu sepuluh menit untuk membuat acar dan Anda sudah mendapatkan satu botol sayuran yang siap dimakan, seperti kubis, wortel, buah bit, mentimun, cabai, bengkoang dan lain sebagainya.

5. Mendekorasikan sayuran

Estetika sangat membantu saat kita mulai tidak napsu makan. Inilah mengapa foto makanan sering membuat kita lapar. Dengan demikian, cobalah untuk menghiasi makanan Anda dengan potongan sayur dan menambahkan hiasan bunga-bungaan dari wortel, lobak dan sayuran lain. Menghias makanan Anda membuat sayuran tampak menarik untuk di makan.

6. Jangan buang sisa potongan makanan Anda

Anda bisa menyimpan sisa potongan dari makanan Anda dan membekukannya di dalam kulkas. Tambahkan sayuran beku ke dalam sisa tersebut untuk kudapan ringan yang sehat atau untuk makan siang. Cobalah untuk memarut wortel, kubis, atau sayuran lain. Berikan juga sedikit minyak (zaitun, misalnya) dan garam, dan gunakan bawang, jahe, rempah-rempah atau cabai untuk memperdalam rasanya.

7. Mengubah kebiasaan makan

Cobalah untuk mengadakan perubahan kecil seperti roti sayur bukan roti daging. Atau Anda juga bisa membuat burrito, dengan memberikan rempah-rempah atau saus kesukaan Anda ke daun pembungkus makanan. Anda bisa menggunakan daun sawi, selada atau kol sebagai pembungkusnya. Jika Anda suka pizza, cobalah untuk mengonsumsi pizza vegetarian. Mintalah lebih banyak sayur, bukan keju. Selain itu, Anda juga bisa membakar kebab sayur saat pesta barbecue.

Untuk makanan fast-food, Anda bisa mengganggi kentang goreng menjadi wortel goreng. Gunakan saus sayur sebagai alternatif yang lebih sehat.

8. Samarkan sayuran dalam piring Anda

Terkadang beberapa sayur membuat Anda tidak nafsu makan, maka mengapa tidak menyamarkannya seperti dengan menambahkan buah bit atau wortel ke kue. Anda juga bisa menyelipkan sayuran ke makanan kesukaan Anda. Misalnya, memasukkan bayam dalam burger sapi atau menambahkan sayur ke saus spaghetti, roti atau pizza. Anda hanya perlu memotongnya kecil-kecil dan sayuran tersebut akan menjadi tidak terlalu banyak terlihat. Anda juga bisa membuat jus dengan yogurt dan sayuran.

Selama makanan Anda tidak terlalu rasa "sayur" dan Anda tetap bisa menikmatinya dengan makanan kesukaan Anda, Anda sudah bisa menjaga kesehatan dan menjadi lebih hijau. MIMS

Bacaan lain:
Makanan adalah obat: Apakah nutrisi saja cukup untuk menyembuhkan penyakit?
5 sumber bahan edukasi yang bisa jadi berguna untuk pasien Anda
5 kesalahan yang sering terjadi saat memutuskan untuk diet

Sumber:
https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2017/mar/02/10-fruit-and-veg-a-day-stephen-bush
http://www.wikihow.com/Add-Vegetables-to-Your-Diet
https://www.eatforhealth.gov.au/eating-well/tips-eating-well/how-add-variety-your-diet
https://www.nerdfitness.com/blog/vegetable-haters-how-to-start-eating-vegetables/