Mudah memang untuk merasa nyaman saat sudah duduk di satu posisi permanen dalam dunia kerja, tetapi ingatlah bahwa kompetisi selalu ada di dunia kerja - dan begitu juga dalam dunia obat. Dengan demikian, penting bagi seorang apoteker untuk membuat dirinya sendiri lebih menonjol dibanding sejawat lain, memisahkan diri mereka sendiri dan mencapai puncak profesi. Berikut enam tips untuk melakukannya.

a. Reputasi merupakan hal penting

Pertama, apoteker harus membangun reputasinya sendiri. Penting bagi semua apoteker untuk menunjukkan kemampuan dirinya di rumah sakit dan juga terus berusaha untuk meningkatkan performa individu.

Penting untuk memastikan Anda tepat waktu, dan mudah didekati serta mau membantu orang lain setelah menyelesaikan pekerjaan Anda sendiri. Sikap ini bisa meningkatkan hubungan baik antar sejawat. Dengan demikian jika Anda menghadapi masalah di masa depan, sejawat Anda pun dengan senang hati akan mau membantu mencari jalan keluarnya.

Apoteker merupakan profesi yang mulia, dan reputasi yang baik akan membawa apoteker ke jenjang karir yang lebih baik.

b. Bertanggung jawab untuk pelajaran pribadi

Salah satu cara apoteker bisa memastikan untuk keluar dari zona aman adalah dengan membuat rencana perkembangan personal. Tidak ada pegawai yang secara otomatis bisa memahami kebutuhan dan kesempatan yang ada daripada apoteker itu sendiri. Penting untuk terus merefleksikan kelebihan dan kelemahan individu, dan juga mempertimbangkan bagaimana memperbaiki dan mengatasi kekurangan yang ada.

c. Temukan seorang pengajar

Kesempatan akan muncul jika apoteker memiliki potensi, dan memahami bagaimana cara memanfaatkan potensi tersebut. Bijaksana juga jika apoteker memiliki suatu panutan yang bisa mengajar sekaligus memandunya.

Ketertarikan dan kekurangan personal yang berhubungan dengan pekerjaan bisa dibagikan dengan pengajar, yang bisa juga menyarankan bagaimana mencapai tujuan dan membuat rencana pengembangan, relevan dengan poin di atas.

d. Spesialisasi

"Semua generalisasi merupakan hal yang berbahaya, hal ini juga termasuk di dalamnya", merupakan ungkapan terkenal oleh penulis Perancis, Alexandre Dumas. Menjadi jack di antara semua kartu mungkin tidak berbahaya, tetapi tanpa memahami satu hal di praktek kefarmasian bisa jadi berbahaya di masa selanjutnya.

Dengan spesialisasi, apoteker berfokus pada segmen tertentu di pasar yang mereka ingin memahaminya secara mendalam. Ini lebih baik daripada memutuskan untuk mengetahui semua hal mengenai pasar di tingkat dasar. Faktanya, apoteker harus memutuskan untuk mengambil spesialisasi di bidang tertentu, karena ini akan membuat Anda lebih menonjol dibanding sejawat lainnya.

e. Cepat sadar akan suatu kesempatan

Tren mencatat dalam dunia farmasi bisa membantu apoteker memanfaatkan kesempatan yang ada untuk berkembang cepat. Misalnya, jika rumah sakit memiliki kelompok kerja baru yang membutuhkan saran ahli dari apoteker, apoteker tidak boleh ragu untuk mengajukan diri.

f. Buat batasan diri

Apoteker harus selalu membuat usahanya tetap fleksibel dan mengakomodasi, tetapi tidak di titik dimana mereka terdorong ke belakang. Banyak apoteker bisa mengubah rencana personal mereka untuk membantu di perusahaan lain, atau tidak pernah mau bekerja lembur. Keduanya merupakan hal yang baik, dimana mereka bisa menemukan keseimbangan hidup yang membahagiakan.

Apoteker merupakan karir yang menarik meskipun ada beragam tantangan di dalamnya. Penting bagi seorang apoteker untuk secara konstan memperbaharui dirinya sendiri, karena kontribusi mereka sangat dibutuhkan di sektor kesehatan. MIMS

Bacaan lain:
Menghadapi krisis penggunaan obat
Peran apoteker dalam mempromosikan program imunisasi
Bagaimana apoteker bisa mendeteksi resep palsu
Waktu minum obat: Masalahnya