Perbedaan antara populasi sehat dengan ekspektasi hidup panjang dan sebaliknya bergantung pada sistem kesehatan negara itu sendiri. Masyarakat dengan ekspektasi kehidupan lebih panjang memiliki lebih banyak waktu untuk berkontribusi terhadap sistem perekonomian suatu negara.

Dengan demikian, merupakan kewajiban untuk menginvestasikan sumber dayanya pada sistem pelayanan kesehatan. Berikut, analisis kami pada enam rumah sakit dengan sistem pelayanan terburuk di dunia. 

1. Venezuela

Presiden Nicholas Maduro pernah berkata bahwa sistem kesehatan di negaranya adalah yang terbaik kedua di dunia. Namun, sejak jatuhnya perekonomian negara tersebut diikuti merosotnya harga minyak dan tanjakan tajam inflasi menyebabkan peningkatan eksponensial harga peralatan medis, obat-obatan dan tagihan kesehatan.

Banyak sekali kasus rusaknya mesin rontgen dan mesin dialisis di rumah sakit dan waktu tunggu pasien hingga berhari-hari karena alat masih dalam pengiriman. Ada juga kasus kerusakan inkubator, sehingga dokter seringkali harus memompa udara secara manual, dan rendahnya jumlah stok antibiotik, sabun, dan kertas merupakan hal yang seringkali terdengar di rumah sakit. Satu-satunya sumber dan ketersediaan antibiotik berasal dari pasar gelap – tetapi seringkali di jual dengan harga sangat tinggi.

Rumah sakit juga mengalami kesulitan air bersih – dokter bedah tidak memiliki cukup air untuk membersihkan meja operasi – mengingat banyaknya darah yang berceceran saat operasi. Banyak rumah sakit juga perlu menampung pasien di luar batasnya dan seringkali harus mengalami mati listrik.

2. Suriah

Perang sipil yang berlangsung di Suriah telah memakan kurang lebih tiga ratus ribu nyawa tidak berdosa yang disebabkan terputusnya akses ke pusat instalasi gawat darurat. Diperkirakan 373 serangan bahan kimia dan pengeboman di dua ratus enam puluh lima fasilitas kesehatan di seluruh negara ini telah merengut nyawa sedikitnya tujuh ratus lima puluh personil medis.

Hal tersebut juga mengakibatkan terbatasnya persediaan medis, sumber daya dan tenaga ahli dalam jumlah besar; peralatan medis yang rusak dan cepatnya pemulangan pasien terluka karena dikhawatirkan terjadi serangan bom selanjutnya.

Serangan yang baru terjadi di negara Suriah menyebabkan terjadinya kekurangan suplai makanan untuk tim yang berjumlah tiga puluh lima orang di rumah sakit untuk bertahan selama lima belas hari dan tenaga listrik selama dua hari yang berfungsi untuk menyalakan sisa peralatan medis yang selamat dari serangan bom. Setelah bahan bakar habis digunakan, rumah sakit hanya berfungsi sebagai pusat pertolongan pertama.

Karena kondisi Suriah yang terlalu parah, seorang pasien korban tembakan peluru pun sudah tidak dianggap sebagai pasien prioritas utama untuk ditangani.

3. Myanmar

Reformasi politik membangkitkan harapan khalayak akan diperbaikinya sistem kesehatan dengan alokasi dana yang lebih baik. Namun hanya 757,4 juta MMK yang dianggarkan di sektor kesehatan jika dibandingkan dengan 2,61 triliun yang dihabiskan untuk sektor pertahanan.

Minimnya dana memberikan dampak yang sangat besar – menyebabkan penurunan ekspektasi kesehatan di Myanmar menjadi 56 tahun, selain itu dua dari lima anak di bawah usia lima tahun rata-rata ditemukan dalam konsisi kerdil dan 50% kematian akibat malaria di Asia Tenggara berasal dari Myanmar. Buruknya sistem diagnosis dan terapi yang diberikan, kurangnya sarana-prasarana medis, dan pemalsuan obat-obatan antimalaria menjadi alasan semakin buruknya situasi kesehatan di negara ini.

Pusat pelayanan kesehatan di desa juga mengalami kelangkaan sumber daya yang drastis – kurangnya persediaan mendasar, peralatan dan obat-obatan. Penyakit-penyakit mayor hanya dapat diobati di pusat perkotaan dan pengobatannya dianggap terlalu mahal bagi masyarakat pedesaaan.

4. Pakistan

Laporan terbaru megenai bayi baru lahir yang dimangsa tikus di rumah sakit di distrik Kisthwar di Kasmir bukanlah suatu cerita yang dibuat-buat. Melainkan fakta buruknya higienitas sistem pelayanan kesehatan di Kasmir. Dalam lima bulan pertama di tahun 2012, rumah sakit anak di Kasmir melaporkan kematian sebanyak 500 neonatus dan bayi baru lahir.

Gejolak politik di Kasmir ini dituding sebagai penyebabnya, dimana banyak sumber daya dikerahkan ke sektor pertahanan dan keamanan ketimbang sektor pendidikan dan kesehatan yang memunculkan kekurangan sumber daya, tenaga ahli dan infrastruktur di pelayanan kesehatan rumah sakit.

Pasien sering diminta untuk berbagi tempat tidur, tenaga kesehatan yang merasa sangat lelah di unit perawatan intensif (Intensive Care Unit/ICU) dan dokter yang bekerja selama 36 jam. Kondisi rumah sakit dan bangsal sangat tidak higienis sehingga membahayakan hidup ribuan pasien.

5. Amerika Serikat

Sistem kesehatan di Amerika dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Namun survei tahun 2014 oleh Commonwealth Fund Survey mendapati bahwa Amerika menduduki peringkat terburuk dari sepuluh negara industri terbesar – untuk yang kelima kalinya.

Beberapa faktor yang dinilai berasal dari segi kualitas pelayanan, jangkauan terhadap dokter, dan penyamarataan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah. Amerika merupakan negara dengan sistem pelayanan kesehatan termahal di dunia tetapi menduduki peringkat terbawah dalam hal “efisiensi, penyetaraan kedudukan dan hasil akhir yang diterima”. Besarnya pengeluaran Obamacare juga dianggap tidak memberi efek untuk penyetaraan kualitas pelayanan kesehatan. 

Laporan tersebut menyebutkan bahwa dibutuhkan suatu implementasi asuransi kesehatan yang universal di seluruh  lapisan kelompok sosio-ekonomi untuk memastikan kesetaraan semua pihak. Masih tingginya jumlah warga Amerika yang belum diasuransi dan kepastian akan jangkauan kesehatan masih sulit dipahami ditambah banyaknya potongan-potongan asuransi yang tinggi, serta biaya yang mahal menghalangi rencana asuransi tersebut.

6. Inggris

Sebagai salah satu negara adidaya di dunia, Inggris diharapkan mempunyai rumah sakit berstandar internasional. Namun sebuah laporan dari UK Care Quality Commission (CQC) of Basildon Hospital menyatakan telah menemukan suatu “keadaan yang menjijikan”, seperti air keran berwarna kecoklatan, kamar mandi berjamur, perabotan serta lemari yang kotor.” Mainan juga ditemukan berserakan di atas alat-alat pembersih pispot dan baki untuk membawa alat steril juga ditemukan dalam kondisi kotor. Rumah sakit yang bersangkutan dinyatakan gagal melindungi pasien dari risiko infeksi.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) sebagai layanan kesehatan di Inggris, National Health System (NHS), juga menyimpulkan bahwa negara tersebut memiliki rekam sejarah yang “luar biasa buruk” dalam mencegah keparahan penyakit dan bahkan NHS masih berjuang memperbaiki ‘hal yang dianggap mendasar’. MIMS

Bacaan lain:
Dokter tidak memperhitungkan biaya saat meresepkan obat atau tes kesehatan
Mahalnya biaya kesehatan akibat ketidakpatuhan terhadap obat resep
Efek samping antibiotik seringkali dibiarkan oleh para dokter - catat penelitian

Sumber:
http://www.news.com.au/lifestyle/health/health-problems/inside-the-worlds-worst-hospital/news-story/a31fa8043b5a8363ba20744f93201cdb
https://www.washingtonpost.com/world/the_americas/venezuela-faces-worst-case-scenario-as-zika-outbreak-expands/2016/02/13/e59f7f2c-cc6b-11e5-b9ab-26591104bb19_story.html
https://www.thesun.co.uk/archives/news/1204573/inside-the-worlds-worst-hospital-shocking-squalor-of-venezuelan-wards-where-patients-sit-on-filthy-bloodstained-beds-and-seven-babies-die-every-day/
http://www.oxfordbusinessgroup.com/news/health-care-spending-rise-myanmar
http://www.cbrneportal.com/myanmar-announces-2015-budget-of-usd2-5-billion/
http://burmachildren.com/wp-content/uploads/2010/10/Myanmar%C3%ADs-Healthcare-System-in-Critical-Condition.pdf
http://www.forbes.com/sites/benjaminshobert/2013/08/19/healthcare-in-myanmar/#10e748355df8
https://www.thequint.com/india/2016/10/18/death-of-newborn-highlights-how-of-lack-of-infrastructure-and-manpower-is-crippling-kashmirs-healthcare
http://www.newsweek.com/syria-aleppo-hospitals-doctors-chlorine-attack-487386
http://time.com/2888403/u-s-health-care-ranked-worst-in-the-developed-world/
http://www.marketwatch.com/story/7-obamacare-failures-that-have-hurt-americans-2016-03-24 
https://www.washingtonpost.com/news/to-your-health/wp/2014/06/16/once-again-u-s-has-most-expensive-least-effective-health-care-system-in-survey/
http://www.telegraph.co.uk/news/health/heal-our-hospitals/6680330/Shamed-the-top-hospitals-with-the-worst-death-rates.html 
http://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/nhs-uk-now-has-one-of-the-worst-healthcare-systems-in-the-developed-world-according-to-oecd-report-a6721401.html