Setengah dari tubuh manusia terbuat dari air, sehingga tentu saja air merupakan hal penting bagi tubuh untuk dapat berfungsi normal. Air memainkan peran penting dalam regulasi tubuh, melubrikasi sendi dan mata, membantu pencernaan, mengeluarkan sisa makanan dan toksin, serta menjaga kulit tetap sehat.

Asupan air yang tidak cukup bisa menghasilkan konsekuensi buruk. Dehidrasi bisa terjadi saat air yang keluar lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Ketika persentase air normal menurun, tubuh bisa kehilangan kandungan mineral, yang kemudian juga mengganggu keseluruhan fungsi tubuh.

Berikut 5 cara untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi:

1. Merasa haus

Tanda pertama dehidrasi adalah merasa haus, tanda kering di kerongkongan dan ingin minum. Saat tubuh kekurangan cairan 1% hingga 2%, tubuh akan mengirim sinyal haus sehingga kita bisa menyelesaikan masalah ini. Dengan demikian, orang bisa langsung meningkatkan asupan air dan tetap menjaga hidrasi tubuh.

Meskipun demikian, sensasi haus manusia semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia, sehingga indikator haus tidak terlalu efektif pada lansia. Dengan demikian, manajemen cairan yang baik harus terus diperhatikan. Selain itu, sejumlah besar cairan akan hilang selama olahraga, jadi minumlah dalam jumlah lebih banyak saat berolahraga, terutama sebelum mulai berolahraga.

2. Pusing dan sakit kepala

"Otak berada di dalam kantung cairan yang mencegahnya berbenturan dengan tengkorak. Jika kantung cairan ini hilang atau jumlahnya berkurang akibat dehidrasi, otak bisa mengalami benturan dengan tengkorak kepala, yang kemudian menyebabkan sakit kepala," kata John Higgins, seorang profesor asosiasi divisi kardiovaskular di Universitas Texas di Houston, dan kepala bagian kardiologi di Rumah Sakit Umum Lyndon B. Johnson.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kehilangan cairan sebesar 1,4% berat badan manusia bisa menyebabkan sakit kepala dan berubahnya suasana hati pada wanita sehat. Penelitian lain juga menemukan hal yang sama pada pria. Pembatasan air selama 37 jam, yang menyebabkan kehilangan cairan sebesar 2,7%, menyebabkan sakit kepala dan kesulitan berkonsentrasi. Meskipun ada jenis sakit kepala lain, namun jenis sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi bisa disembuhkan hanya dengan minum air atau teh tawar.

3. Perubahan warna dan jumlah urin

Warna urin merupakan indikator yang baik untuk menunjukkan tingkat hidrasi tubuh Anda.

"Urin berwarna kekuningan atau kuning terang menunjukkan bahwa Anda terhidrasi dengan baik. Jika urin Anda berwarna gelap, atau ada darah dalam urin, maka Anda harus berhenti berolahraga," kata Dr Laura Goldberg dari Klinik Kesehatan Olahraga Cleveland. Dan tentu saja, urin yang sangat jernih menunjukkan bahwa Anda terlalu terhidrasi.

Karena ginjal bertanggung jawab untuk mengontrol warna dan konsentrasi urin, maka jika tubuh mengalami dehirasi parah, ginjal bisa berhenti menghasilkan urin dan kemudian mengubah cairan yang ada untuk fungsi tubuh lain.

4. Kram otot

Kram otot merupakan kontraksi tidak diinginkan dari otot disebabkan ketidak seimbangan elektrolit tubuh akibat hilangnya cairan dan penurunan kadar natrium. Kram otot merupakan tanda dehidrasi yang disebabkan oleh keringat berlebihan. Efek panas akibat otot bekerja terlalu keras secara terus menerus juga bisa menyebabkan otot mengalami kram. Dengan demikian penting untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh sebelum dan saat berolahraga.

5. Gagal organ

Gagal organ bisa terjadi akibat dehidrasi parah. Konsekuensi fatal ini terjadi karena organ berhenti bekerja akibat kurangnya suplai air untuk organ dapat berfungsi normal.

Kehilangan cairan ekstrem bisa menyebabkan tubuh mengalami syok, terutama jika diikuti dengan penurunan volume darah yang bisa membuat tubuh dan organ lain tidak mendapat oksigen yang dibutuhkan. Komplikasi lain seperti kehilangan kesadaran, kerusakan otak, gagal ginjal dan serangan jantung. Jika syok tidak langsung diobati, maka bisa menyebabkan kematian.

Meskipun demikian, syok merupakan satu kejadian yang langka. Dehirasi ekstrem lebih sering terjadi akibat trauma, luka bakar parah atau muntah dan diare berkepanjangan. MIMS

Bacaan lain:
Manfaat aromaterapi untuk pasien
Kopi, tidur atau keduanya?
5 kesalahan yang sering terjadi saat memutuskan untuk diet
5 alasan lain mengapa diet Anda tidak memberi efek sesuai dengan yang diharapkan


Sumber:
http://www.ecowatch.com/signs-of-dehydration-2303117403.html?page=2
http://www.everydayhealth.com/news/unusual-signs-of-dehydration/
http://www.today.com/series/30-seconds-to-know/are-you-dehydrated-9-symptoms-lookout-t93151
http://www.webmd.com/a-to-z-guides/dehydration-adults#1
http://www.nhs.uk/Conditions/Dehydration/Pages/Introduction.aspx
http://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a27414/symptoms-of-dehydration/