Edukasi pasien dan pemahaman mengenai kesehatan merupakan hal penting untuk meningkatkan outcome kesehatan dan untuk manajemen penyakit. Banyak penelitian mendukung pentingnya intervensi edukasi dalam manajemen penyakit, terutama pada pasien diabetes.

Bahan edukasi bisa membantu tenaga kesehatan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran pasien. Berikut 5 sumber edukasi yang bisa Anda gunakan:

1. Eat Smart Move More

(http://www.eatsmartmovemorenc.com/PatientEducationPackets/PatientEducationPackets.html)

Eat Smart Move More
menyajikan bahan edukasi pola makan sehat untuk pasien. Fokus utamanya ada pada tujuh sikap sehat: mempersiapkan menu makan di rumah, aktivitas sehat keluarga (misalnya mengurangi waktu menonton televisi dan mengadakan lebih banyak aktivitas keluarga), bergerak setiap hari, memilih porsi makan cukup, memikirkan ulang akan pola minum, termasuk juga mengenai konsumsi buah dan sayur serta kondisi menyusui.

Bahan yang sederhana dan mudah dipahami ini, bisa diunduh gratis dan cocok untuk dokter, perawat, ahli nutrisi dan tenaga kesehatan lain.

2. John Hopkins Diabetes Self Management Patient Education Materials

(http://www.hopkinsmedicine.org/gim/core_resources/Patient%20Handouts/)

Bahan edukasi ini dibuat oleh ahli dari Universitas John Hopkins dan menjelaskan topik-topik penting mengenai aspek penting diabetes, termasuk gejala, diagnosis, pencegahan dan terapi untuk Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2.

Ada juga materi mengenai cara perawatan diri, olahraga, nutrisi, gaya hidup dan penyakit lain seperti penyakit jantung, ginjal dan vaskular. Materi ini bisa menjadi alat bagi pasien untuk menggunakan fitur Blood Sugar Monitoring Log, Foot Care Log, Exercise Plans dan lain sebagainya.

3. Publikasi cancercare.org

(http://www.cancercare.org/publications/)

Cancercare.org menyediakan brosur dan lembar fakta mengenai kanker. Di samping bahan edukasi pasien, mereka juga menawarkan konten mengenai topik umum lain, seperti pemberian perawatan, mengatasi rasa putus asa, masalah keuangan, hubungan antara pikiran, tubuh dan jiwa, tingkat kesembuhan setelah terapi dan lain sebagainya.

Bahan-bahan ini bisa dibaca secara online atau diunduh gratis. Dokter juga bisa memesan publikasi ini secara gratis.

4. Health Care Toolbox

(https://www.healthcaretoolbox.org/patient-education-materials.html)

Tujuan dari bahan yang tersedia dalam website ini adalah untuk membantu anak-anak, remaja dan keluarga mereka bertahan melawan penyakit, cedera dan kondisi rawat inap. Mereka menyajikan brosur edukasi pasien pediatrik yang berdasarkan hasil penelitian, menyarankan buku dan bahan bacaan lain serta menghubungkan pembaca ke sumber web lain mengenai topik berhubungan seperti rasa takut dan kekhawatiran, nyeri dan gangguan tidur.

Brosur dan buku catatan didesain untuk anak-anak dan remaja. Untuk tenaga kesehatan, ada juga alat praktis untuk melakukan pemeriksaan, intervensi, dan pelatihan diikuti dengan sumber tambahan lain.

5. Publikasi dan lembar fakta mengenai Alzheimer

(https://www.alzheimers.org.uk/info/20033/publications_and_factsheets/861/publications_and_factsheets_full_list)

Perkumpulan Alzheimer menyajikan brosur dan lembar fakta mengenai demensia dan cara menghadapi penyakit ini. Bagi tenaga kesehatan, ada juga bahan untuk memahami dan mendukung pasien demensia, cara memberi perawatan secara fisik (misalnya mencuci dan memandikan), mengatasi pasien yang kehilangan ingatan dan memberikan saran ke tenaga kesehatan untuk memperhatikan diri mereka sendiri juga.

Website ini menyediakan alat yang menarik untuk pasien demensia untuk tidak mengganggu hidup bebas mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan "Helpcard" yang seukuran kartu kredit yang bisa mereka gunakan dan dibawa oleh mereka. Alat lain yang bisa digunakan adalah "My visitor book" untuk pasien demensia untuk terus mengingat siapa saja tenaga kesehatan yang mengunjungi mereka. Sumber ini bisa membantu mereka mencatat apa yang terjadi dan mengembangkan strategi untuk membantu diri mereka sendiri.

Kemampuan untuk memahami dan bekerja sesuai pengetahuan merupakan elemen kunci untuk edukasi pasien. Dengan menggunakan sumber yang dijelaskan di atas, tenaga kesehatan bisa mempromosikan pemahaman dan membantu pengambilan keputusan dan manajemen diri yang sehat untuk pasien mereka. MIMS

Bacaan lain:
Sistem kesehatan untuk Generasi H
Dokter: Berapa lama Anda mewawancarai pasien Anda?
6 tanda Anda cocok berkarir di dunia kesehatan
5 cara menghilangkan kegelisahan pasien sebelum operasi
Kurus tapi gemuk: Orang Asia memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan akibat obesitas meskipun memiliki angka IMT lebih rendah


Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9269394 
http://www.eatsmartmovemorenc.com/ESMMWeighLess/ESMMWeighLess.html 
http://www.hopkinsmedicine.org/diabetes/diabetes_education/ 
http://www.cancercare.org/publications#!general_topics 
https://www.healthcaretoolbox.org/patient-education-materials.html
https://www.alzheimers.org.uk/info/20033/publications_and_factsheets