Di era digital, banyak tenaga kesehatan menggunakan blog sebagai metode efektif untuk membagikan ide dan pandangan mereka. Cukup mudah untuk menemukan dokter praktek yang aktif menulis blog dan di platform media sosial lain di Amerika.

Meskipun demikian, dokter yang berada di Malaysia dan Singapura, cenderung lebih tertutup dan tidak terlalu dikenal. Meskipun cukup berguna untuk membaca masalah medis yang ada sekarang dalam artikel yang ditulis oleh dokter di Amerika, namun akan lebih relevan jika penulis artikel berasal dari daerah yang berdekatan dengan prakteknya sendiri.

Berikut lima blog aktif yang ditulis oleh dokter di Singapura dan Malaysia. Disamping merupakan platform untuk menyediakan informasi untuk tenaga kesehatan profesional dan non-tenaga kesehatan, namun informasi di dalamnya bisa digunakan sebagai inspirasi untuk tenaga kesehatan mulai menulis blog.

1. DoctorxDentist 

DoctorxDentist (DxD) merupakan blog medis Singapura yang independen dan tidak berafiliasi dengan bisnis manapun. Didirikan oleh duo dokter umum-dokter gigi, Dr. Ethan dan Dr. Meow, blog ini ditujukkan untuk mengatasi batasan komunikasi antara dokter atau dokter gigi dan pasien, khususnya masyarakat Singapura yang berusia antara 20 dan 30 tahun.

Dr. Ethan banyak menulis mengenai medis dalam olahraga dan masalah kesehatan lain, sedangkan Dr. Meow lebih banyak menulis mengenai masalah kedokteran gigi. Sekarang DxD memiliki sejumlah kecil dokter dan dokter gigi yang bekerja untuk menyediakan informasi berguna dan tidak bias di Singapura, dan juga untuk menyelesaikan kesalahan konsep akan masalah kesehatan yang ada.

Kelompok tenaga kesehatan ini mendiskusikan mengenai masalah medis yang ada dan menyediakan informasi dengan anekdot personal dan rekomendasi klinik swasta di Singapura. Selain itu, untuk mendorong terjadinya komunikasi efektif antara tenaga kesehatan dan pasien, masyarakat umum bisa mengirimkan masalah kesehatan tubuh atau gigi ke website ini. Seiring dengan terus berkembangnya fanbase di Facebook, DxD bekerja untuk menggapai lebih banyak warga Singapura.

2. A Doc's Life

Kosakata bahasa khas Singapura ini membuat A Doc's Life menonjol di antara website lainnya. Ini merupakan blog medis yang ditulis oleh Dr. Og, seorang dokter Singapura anonim, dan satu-satunya foto yang tersedia adalah foto seekor anjing.

Meskipun ditulis secara anonim, namun A Doc's Life seringkali muncul dalam daftar rekomendasi blog dalam blog dokter lain.

3. Singaporean Psychiatrist

Ditulis oleh Dr. Lim Boon Keng, seorang dokter psikiatrik Singapura, blog ini ditulis dengan tujuan untuk membagikan rekomendasi mengenai depresi, kegelisahan, stres dan banyak masalah kesehatan mental lainnya. Ia bekerja di praktek swasta, menangani pasien di berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Ketertarikannya bisa ditemukan dalam hal depresi, suasana hati dan gangguan kecemasan, ADHD/ADD dewasa dan psikiatrik remaja. Blognya dipenuhi dengan berbagai "questions of the week" dan bagian yang berisi pertanyaan yang sering muncul, bersamaan dengan masalah kesehatan mental lain.

Jawaban yang detail dan jelas atau saran Dr. Lim merupakan sesuatu yang mudah dipahami, melegakan dan ditulis dengan sangat baik. Untuk mendorong komunikasi dengan masyarakat, Dr. Lim menyediakan ruang bagi pembaca untuk mengirim topik tertentu ke website ini.

4. Palmdoc Chronicles

"Palmdocs" merupakan dokter umum yang sangat bergantung pada gadget, teknologi dan telepon pintar. Dr. Alan Teh, seorang dokter Malaysia yang memiliki spesialisasi dalam hematologi-onkologi dan transplantasi sel punca, mengelola blog ini bersama dengan tim internasional kecil yang berisi dokter kontributor.

Palmdoc Chronicles ditujukan untuk menggaris bawahi peran teknologi dalam dunia kesehatan, dan berisi kanjuan mengenai alat kesehatan baru seperti gelang pintar yang bisa memeriksa kecepatan jantung dan tekanan darah. Melalui blog ini, tenaga kesehatan yang sadar akan teknologi bisa mendapatkan informasi mengenai penggunaan telepon genggam pintar dan alat tertentu, bersamaan dengan perkembangan aplikasi medis.

5. I eat I shoot I post

Dianggap sebagai blog paling besar dalam daftar ini, ieasishootipost memiliki jumlah pengguna sekitar 280.000 di Facebook. Dalam blog ini, Dr. Leslie Tay menggunakan slogan "never waste your calories on yucky food".

Saat ia tidak keluar untuk mencari makanan di sekitar Singapura, Dr. Tay bisa ditemukan di kliniknya. Ieatishootipost merupakan foodblog yang berisi di luar dunia pengobatan, dan berfokus pada hobi Dr. Tay – makanan dan wisata.

Dr. Tay sudah banyak muncul dalam berbagai publikasi dan program TV, dan juga berhasil mempublikasikan buku dengan penjualan terbaik di tahun 2010, berjudul "End of Char Kway Teow", Dr. Tay dianggap sebagai sumber informasi makanan dengan reputasi tinggi. Dokter multi-talenta ini merupakan bukti hidup bahwa dokter boleh memiliki hobi lain selain dalam dunia pengobatan. MIMS

Bacaan lain:

5 podcast medis yang direkomendasikan untuk tenaga kesehatan
Kredibilitas jurnal saintifik: Apa makna dari faktor R?
3 tren kesehatan yang membingungkan bagi para dokter

Sumber:
https://siayang88.wordpress.com/top-20-malaysian-doctor-blogs/ 
http://doctorxdentist.com/popular-doctor-blogs-singapore/ 
https://www.facebook.com/pg/doctorXdentist/about/?ref=page_internal