Apakah superhero benar-benar ada? Mungkin memang tidak tampak seperti X-man atau superman dalam film, tetapi faktanya gen manusia super memang benar-benar ada.

Dalam penelitian ekstensif pada lebih dari 589.000 genom, peneliti AS menemukan kemungkinan ada 13 gen "manusia super" di dunia. Meskipun memiliki mutasi DNA, namun mutasi ini tidak menjadi penyakit, tetapi malah membuat manusia ini kebal dan mendapatkan kekuatan super.

Dr Daniel MacArthur dari Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan, "Peneliti tidak bisa menghubungi kembali subjek penelitian karena tidak tercantumnya hal ini dalam formulir persetujuan tertulis. "Penemuan gen superhero dibutuhkan kekuatan heroisme lain - keinginan partisipan untuk mendonasikan data klinis dan genom mereka dan komitmen peneliti dan pemegang regulasi untuk menghadapi berbagai tantangan pembagian data di dunia."

Berikut beberapa kekuatan tidak biasa yang dimiliki beberapa manusia.

1. Kecepatan kilat

Sulit memang untuk percaya bahwa manusia bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan peluru, dan tentu saja hal ini hanya ada di dalam cerita fiksi belaka. Namun demikian, meskipun beberapa pelari mengaku bahwa ia mendapatkan kecepatannya karena latihan keras, namun ahli genetik mengatakan bahwa pelari ini memiliki gen ACTN3 yang, meskipun dimiliki semua manusia, namun gen ini mengalami sedikit mutasi, dan memproduksi protein khusus, alfa-aktinin-3, yang bekerja sebagai pengontrol perubahan cepat serat otot yang membuat manusia bisa berlari.

Peningkatan jumlah protein ini menyebabkan lebih besarnya kekuatan otot, dan dengan demikian memberikan performa yang lebih baik, khususnya dalam hal berlari. Gen ini memiliki dua versi dan keduanya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan kromosom konvensional.

2. Kekuatan khusus

Kelainan genetik tidak selalu menyebabkan gangguan fisik. Dengan hanya sedikit perubahan, kelainan gen ini bisa menciptakan kekuatan luar biasa, seperti dalam kasus dua bayi yang lahir dengan kelainan genetik langka yang kemudian menyebabkan defisiensi protein. Kekurangan myostatin menyebabkan bayi ini memiliki otot yang lebih besar dengan lebih sedikit lemak tubuh, dan hal ini membekali mereka menjadi memiliki kekuatan melebihi manusia pada umumnya.

Bayi pertama lahir di Jerman pada 2004 dengan otot lebih banyak dua kali lipat dibandingkan bayi lainnya. Pada 2005, pasangan suami-istri Hoekstra dari Michigan mengadopsi anak laki-laki muda, Liam, dengan otot yang berkembang dengan sangat cepat. Saat berusia lima bulan, ia bisa bertahan di tali dengan posisi iron-cross dan pada usia sembilan bulan, ia sudah bisa melakukan pull-up. Diagnosis yang diberikan adalah hipertrofi otot akibat myostatin, namun Lian tetap tampak kurus, kuat, dan makan lebih banyak dibandingkan bayi lain seusianya.

3. Tulang yang tidak bisa patah

Dalam film "Unbreakable", karakter Bruce Willis menemukan bahwa tidak ada yang bisa membunuhnya setelah ia berhasil selamat dari kecelakaan kereta. Di film, seorang pria yang bernama John berlasil lolos ketika ia menabrakkan mobilnya. X-ray menunjukkan tidak ada pendarahan internal dan tidak ada fraktur. Dokter di rumah sakit menyimpulkan ia memiliki tulang delapan kali lebih tebal daripada dewasa pada umumnya.

Enam tahun kemudian, dokter lain menemukan bahwa prosedur pergantian tulang panggulnya tidak bisa dilakukan karena tidak ada yang bisa mengunci prostesis di tempatnya. Ketika dua dokter ini membandingkan catatan riwayat dan menyelidiki riwayat keluarganya, mereka menemukan bahwa keduanya memiliki hubungan, dan tidak satupun dari keluarga di Connecticut ini yang pernah mengalami patah tulang. Setelah penelitian, dokter menyimpulkan bahwa akar densitas tulang yang besar ini adalah dari mutasi LRP5, gen yang berhubungan dengan osteoporosis dan densitas tulang rendah.

Tulang yang kebal ini mungkin sulit untuk dipatahkan, kecuali jika ada gen khusus LRP5. Peneliti percaya bahwa mutasi gen ini bisa menjadi penyebab tulang yang sangat kuat dan berharap hal ini bisa digunakan untuk terapi penyakit tulang.

4. Fleksibilitas yang luar biasa

Superhero banyak mengejutkan penonton mengenai fleksibilitas mereka yang sangat luar biasa saat dimana mereka bisa menggerakan sendi mereka untuk memutas tubuh mereka ke bentuk yang mengerikan. Manusia yang bisa melakukan hal ini lahir dengan Sindrom Marfan, spektrum penyakit dimana gen mutasi bertanggung jawab untuk produksi protein fibrilin-1 yang menyebabkan tubuh bisa membentuk jaringan penghubung yang membuat mereka memiliki fleksibilitas tinggi.

Meskipun demikian, individu ini cenderung memiliki tubuh panjang yang tidak biasa dan perubahan wajah. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi pada tulang dan sistem saraf dan ajntung, yang bisa jadi mengancam jiwa dalam beberapa kasus tertentu.

5. Tubuh kebal listrik

Beberapa orang mendapat berkat gen yang bisa melindungi mereka dari syok elektrik. Meskipun beberapa orang memiliki jutaan kelenjar keringat, yang membuat listrik bisa melakukan penetrasi ke tubuh, seorang pria Serbia bernama Slavisa Pajkic tidak memiliki kelenjar keringat karena kelainan genetik yang diidapnya.

Dikenal sebagai "Manusia Baterai", Paikic memiliki kemampuan untuk memasak dan merebus air hanya dengan mengalirkan listrik ke seluruh tubuhnya. Ia mengejutkan publik ketika ia membakar sesuatu hanya denagn menggunakan kekuatannya, dan hal ini membuatnya menjadi sangat terkenal. Ia menggunakan kekuatan supernya yang dipercaya bisa untuk mengobati beberapa penyakit seperti migrain dan nyeri tulang belakang di Serbia. MIMS

Bacaan lain:
Mengapa obat itu pahit?
Apakah "menopause pria" benar-benar ada?
5 kondisi medis yang langka
Kecoa hidup dikeluarkan dari tengkorak kepala seorang wanita India


Sumber:
http://listverse.com/2017/02/16/10-mutant-genes-that-could-make-you-superhuman/
https://www.wired.com/2016/04/scientists-find-genetic-superheroes-cant-tell/
http://www.economist.com/news/science-and-technology/21696687-study-finds-rare-individuals-resistant-inherited-fatal-diseases-genetic
http://www.cracked.com/article_21013_5-groups-people-who-developed-awesome-mutant-superpowers.html
http://www.pcmag.com/slideshow/story/323873/13-humans-with-real-life-x-men-mutant-super-powers/13
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3534271/Are-genetic-superhero-Doctors-discover-13-people-resistant-severe-inherited-diseases-more.html