Dengan kemajuan teknologi, semakin banyak tren kesehatan di seluruh dunia yang bermunculan. Ada rumor yang menyebutkan bahwa minum hidrogen peroksida bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Tampaknya menghirup serbuk coklat merupakan cara legal untuk menjadi berenergi. Ada juga yang menyebutkan bahwa tidur saat waktu makan merupakan cara terbarik untuk menurunkan berat badan. Berikut tiga tren kesehatan paling aneh yang ada di dunia sekarang ini.

1. Minum hidrogen peroksida yang berbahaya

Tren baru ini membuat orang percaya bahwa minum hidrogen peroksida bisa membuat mereka terbebas dari infeksi dan juga memutihkan gigi mereka. Menurut kabar angin, senyawa kimia ini bekerja dengan baik untuk memutihkan gigi, menyembuhkan infeksi sinus dan menghilangkan mukus.

Tren ini sudah banyak dipromosikan oleh banyak blog, website, dan juga video di Youtube. Beberapa website merekomendasikan untuk mencampur hidrogen peroksida dengan air sebelum meminumnya tiga kali sehari. Website lain menyebutkan bahwa hidrogen peroksida bisa digunakan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit medis, seperti asma, kanker, diare, sindrom iritasi usus dan kelelahan.

Tetapi apa yang gagal dijelaskan dalam website dan blog ini adalah bahwa ada banyak orang yang sudah masuk ke ruang gawat darurat karena cedera akibat meminum hidrogen peroksida, seperti gejala keracunan dan nyeri perut. Meskipun beberapa pasien mengaku mereka tidak berniat mengonsumsinya, namun pasien lain menyebutkan mereka meminumnya karena percaya larutan ini bisa membuatnya lebih sehat.

Dr Ann Arens, seorang ahli toksikologi medis di Sistem Kontrol Racun Minnesota, menampik tren ini dengan menyatakan, "Ada banyak wesbite dan video Youtube. Tidak ada ilmu pengetahuan di baliknya yang membantu membuktikan pertanyaannya. Tidak ada manfaat melakukannya dan ini membuat Anda merusak diri Anda sendiri. Hidrogen peroksida akan membakar sel-sel tubuh Anda sesaat setelah Anda mulai meminumnya."

Dokter di departemen gawat darurat merasa tidak memahami mengapa banyak orang mau melukai diri mereka sendiri dengan mengonsumsi senyawa kimia yang toksik yang bisa menciptakan lubang dalam esofagus dan lambungnya. Hidrogen peroksida menciptakan gelembung oksigen, yang bisa memengaruhi aliran darah dan berkelana ke otak, menyebabkan kejang dan stroke.

2. Menghirup serbuk coklat

Coko Loko, atau dikenal juga sebagai coklat yang bisa dihirup, merupakan cara terbaru untuk menjadi berenergi secara legal. Tren ini sudah banyak dipromosikan sebagai pengganti minuman berkafein, karena serbuk coklat mengandung senyawa yang sama dengan guarana dan gingko biloba.

Saat serbuk coklat dihirup, ada sensasi yang berlangsung selama 30 menit dan satu jam. Pada beberapa orang, yang pernah mencobanya, menyatakan serbuk coklat ini tidak memberikan efek apapun seperti yang diiklankan, namun beberapa orang yang lain menjadi merasa termotivasi untuk melakukan hal ini.

Coko Loko sekarang banyak didistribusikan oleh Legal Lean, yang didirikan oleh Nick Anderson, yang berusia 29 tahun, dan dijual dalam kaleng di Amerika Serikat. Meskipun coklat hirup menjadi salah satu tren terbaru, namun produk ini belum mendapat persetujuan FDA di Amerika Serikat. Dokter pun tidak tahu efek kesehatan negatif apa yang disebabkannya.

Menurut dokter bedah telinga, hidung, dan tenggorokan, efek samping menghirup serbuk coklat bisa jadi berbahaya dan tidak menyenangkan. Dr Paul Chatrath mengatakan, "Kita tidak tahu efek negatif menhirup serbuk selama beberapa periode waktu."

"Saluran hidung memiliki suplai darah yang baik, memiliki kecepatan absorpsi tinggi ke dalam aliran darah, dan ini bisa menjadi suatu alasan mengapa banyak orang ingin mencobanya."

Dokter memperingati kemungkinan residu dalam serbuk yang bisa menyebabkan saluran hidung dan nasal tersumbat dan kering. Hal ini bisa menciptakan sensasi seperti terbakar, yang merupakan indikasi dari inflamasi. Untuk sekarang, dokter menganggap menghirup coklat sebagai sesuatu yang tidak berguna dan sama sekali tidak masuk akal.

3. Diet putri tidur

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah mengikuti Diet Putri Tidur, menurut website pro-anoreksia. Tren ini menyarankan orang-orang untuk tidur saat waktu makan sehingga mereka bisa menghindari makan. Ide yang melatarbelakanginya adalah jika Anda lebih banyak tidur, Anda akhirnya tidak akan banyak makan.

Diet Putri Tidur memiliki banyak sekali pendukung, yang akan melakukan apapun untuk mengikutinya, termasuk menggunakan obat sedatif dan penghilang nyeri kuat yang akan membantu mereka tetap tertidur. Mereka, yang mengikuti diet ini tanpa gagal, dilaporkan memiliki asupan kalori rendah dan juga tidur selama 20 jam sehari.

Bagi kebanyakan orang, tidur merupakan hal yang lebih mudah dilakukan daripada menghindari beberapa jenis makanan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa diet ini memiliki banyak respon positif di antara mereka yang pernah mencobanya. Beberapa ahli dan ahli nutrisi sudah banyak memperingati bahwa diet ini memiliki lebih banyak efek buruk daripada efek baik, khususnya jika obat sedatif ikut berperan di dalamnya.

Linia Petal, seorang ahli nutrisi dan pembicara Asosiasi Ahli Nutrisi Inggris, mengatakan, "Fakta menyedihkannya adalah bahwa tidur selama beberapa hari terus menerus tidak akan membuat seseorang bertambah kurus. Jika Anda bisa bangun dengan penurunan berat badan dua pound, kemungkinan Anda akan melakukan ini lagi dan hal ini membuat Anda kecanduan pil sedatif yang bukan merupakan sebuah berita baik. Jika disalah gunakan, hal ini bisa menyebabkan kematian. MIMS

Bacaan lain:
Susu kecoa - Makanan sehat terbaru
Orthorexia nervosa: Apakah Anda terobsesi dengan makanan sehat?
Menghadapi alergi dan intoleransi makanan: Peran apoteker komunitas

Sumber:
http://www.dailymail.co.uk/health/article-4755236/Doctors-warn-against-trend-drinking-hydrogen-peroxide.html
https://www.thesun.co.uk/living/4154874/alternative-health-trend-of-drinking-hydrogen-peroxide-can-kill-warn-doctors/
http://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/snorting-chocolate-powder-coco-loko-energy-buzz-legal-drug-free-caffeine-guarana-ginko-biloba-a7827111.html
http://www.ibtimes.co.in/sleeping-beauty-diet-why-this-new-bizarre-fad-everything-you-must-not-try-730761
http://www.couriermail.com.au/news/queensland/sleeping-beauty-diet-urges-people-to-take-sedatives-to-sleep-up-to-20-hours-at-a-time-to-avoid-food/news-story/f80d6e73b628d9f873a617acf0cf5126