Dengan banyaknya ragam penyakit dan gangguan di dunia, dokter juga harus menghadapi beberapa kondisi medis tak biasa yang terjadi pada segelintir populasi manusia.

Berikut beberapa misteri medis yang seiring dengan berjalannya waktu berhasil ditemukan penyebabnya.

1. Penyakit tidur yang misterius

Di desa terpencil Kalachi di Kazakhstan, muncul penyakit misterius yang membuat penduduk tidur, terkadang hingga berminggu-minggu. Penduduk pertama tidur pada 2013, dan sejak saat itu lebih dari 200 dari keseluruhan populasi 810 orang mengalami periode tidur.

Penyakit itu sendiri memiliki implikasi kesehatan serius seperti pusing, mual, sakit kepala dan kehilangan ingatan. Bahkan banyak penduduk mengalaminya lebih dari sekali.

"Penyakit tidur" membuat dokter dan peneliti kebingungan selama tiga tahun. Kota ini merupakan bekas tambang uranium di era kepemimpinan uni-soviet, yang, diduga merupakan penyebabnya. Meskipun demikian, Menteri Kesehatan Kazakhstan telah menguji lebih dari 7.000 rumah untuk mengetahui tingkat radiasi dan logam berat dan juga garam, tetapi tidak menemukan jejak apapun.

Kemudian ditemukan bahwa pertambangan merupakan penyebabnya - tingginya kadar karbon monoksida dan hidrokarbon yang dilepaskan dari pertambangan menyebabkan menurunnya kandungan oksigen di udara.

2. Kabut asap di London

About half as many Londoners died from the Great Smog as did from bombs during WWII. Piccadilly Circus, London (1952). Photo credit: LCC Photograph Library/ London Metropolitan Archives Collection
About half as many Londoners died from the Great Smog as did from bombs during WWII. Piccadilly Circus, London (1952). Photo credit: LCC Photograph Library/ London Metropolitan Archives Collection


Di tahun 1952, ibukota Inggris mengalami kabut asap yang berlangsung selama lima hari. Kabut asap ini menyebabkan menurunnya jarak pandang di jalanan dan bahkan sudah mulai memengaruhi daerah dalam rumah, lebih parah daripada kabut yang dialami di masa sebelumnya.

Negara ini tidak bisa berbuat apapun, sehingga lebih dari 4.000 orang kehilangan nyawanya meskipun peneliti telah mengestimasikan jumlahnya sudah mencapai 12.000. Sebagai negara pertama dengan kabut asap yang menyebabkan banyaknya kematian warga dan keputus-asaan penduduk, para pemerintah pun menjadi terheran-heran dengan penyebabnya.

Kemudian diketahui bahwa pembakaran batu bara, terutama untuk pemanas dan memasak, dan juga aktivitas industri merupakan penyebabnya. Kandungan sulfur dalam batu bara sangat besar sehingga pembakaran batu bara menyebabkan lepasnya sulfur oksida dan kemudian partikel asam yang dihasilkan dihirup oleh para penduduk.

Kabut Besar ini memulai praktek penelitian epidemiologi di seluruh dunia mengenai polusi udara, penelitian berbasis populasi, penilaian gejala pernapasan dengan kuesioner dan pengujian fungsi paru.

3. Ruam Bin Laden

Pada Oktober 2011, ribuan anak - kebanyakan anak perempuan - di sekolahan di Amerika Serikat mengalami ruam gatal yang misterius. Ruam ini sangat parah sehingga beberapa sekolahan ditutup dan mereka mengadakan beberapa pertemuan darurat dengan dokter spesialis kulit, ahli epidemiologi, ahli lingkungan dan peneliti di Pusat Kontrol Penyakit.

Virus, pestisida, spora jamur dan kesukaan anak-anak seperti tato tempel, lotion buah dan glitter ikut diuji, tetapi tidak ada yang menyebabkan ruam misterius ini. Banyak orang curiga bahwa ini merupakan bentuk bioterorisme yang dilakukan oleh kaum Al-Qaeda. Faktanya, sangat berbeda.

Siswa ini dikatakan menderita masalah psikologis atau histeria massa akibat rasa takut berlebih akan serangan Osama Bin Laden, setelah penyerangan pada 11 September 2001 di AS, yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Reaksi somatik sementara seperti ruam merupakan fenomena psikogenik yang sering terjadi.

Dengan banyaknya desas-desus bioterorisme, siswa sekolahan menjadi sering memeriksa kulit mereka dan perawat melaporkan meningkatnya kasus ruam ini. Dibutuhkan sekitar satu tahun untuk meredakan histeria ini. MIMS

Bacaan lain:
Apa yang akan terjadi pada tubuh manusia setelah meninggal?
Apakah 'obat pintar' benar-benar memiliki kecerdasan tanpa menimbulkan efek samping?
5 pasien korban malpraktek medis
Dokter Kanada berhasil mengidentifikasi gangguan genetik baru pada anak-anak


Sumber:
https://www.theguardian.com/world/2015/mar/18/kazakhstan-sleeping-village-mystery 
https://www.theguardian.com/world/2015/jul/17/mystery-kazakhstan-sleeping-sickness-solved
http://www.sciencealert.com/researchers-have-finally-figured-out-what-caused-london-s-deadly-fog
http://www.eco-business.com/news/londons-killer-fog-lessons-for-asia/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4940674/ 
https://prezi.com/vhubtwicpno8/the-bin-laden-itch/ 
http://listverse.com/2014/02/22/10-incredibly-insane-cases-of-mass-hysteria/ 
http://www.newstatesman.com/node/192370