Penelitian terbaru menunjukkan bahwa obat diabetes tidak hanya berguna untuk penyakit tertentu, tetapi juga bisa menurunkan risiko gagal jantung dan penyakit ginjal. Berikut beberapa penemuan baru dalam penelitian diabetes.

1. Obat diabetes menurunkan risiko gagal jantung dan penyakit ginjal

Dalam penelitian lain, penghambat SGLT2 ditunjukkan bisa menurunkan risiko sangat penting kondisi kardiovaskular - gagal jantung. Gagal jantung masih menjadi salah satu penyebab mortalitas di dunia.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi canagliflozin memiliki risiko gagal jantung dengan angka rawat inap 33% lebih rendah.

Penghambat SGLT2 memiliki manfaat lain - bisa menurunkan risiko penyakit ginjal secara signifikan. Pasien dalam penelitian juga ditemukan mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 14% dan 40% untuk "penurunan fungsi ginjal serius".

Penurunan risiko gangguan kardiovaskular dan ginjal kemungkinan disebabkan karena obat ini menghasilkan glukosa berlebih dari tubuh. Dengan demikian menurunkan komplikasi vaskular seperti pembentukan atheroma, stenosis arterial, dan hipertensi.

2. Vaksin BCG berpotensi menyembuhkan diabetes tipe 1

Baru-baru ini, peneliti menemukan penggunaan baru dari vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG), yang pada mulanya digunakan sebagai proteksi dari tuberkulosis.

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun, dimana sel imun seperti antibodi menginisiasikan penghancuran sel beta di pankreas. Vaksin BCG ditunjukkan bisa menghentikan proses ini dengan meningkatkan jumlah sel T regulator yang melawan penghancuran sel beta pankreas.

"Vaksinasi BCG berulang ditunjukkan bisa menghidupkan gen Treg secara permanen," kata Denise Faustman, pelaku penelitian. "... efek vaksin pada respon imun manusia merekapitulasi ko-evolusi manusia dengan mikobakteria, hubungan yang hilang dengan pola makan dan gaya hidup modern."

Penemuan baru ini menggambarkan hubungan diabetes melitus dengan potensi tinggi perubahan regimen terapi yang ada sekarang untuk obat diabetes. Efek pencegahan dari vaksin BCG melawan diabetes tipe 1 juga bisa menurunkan efek buruk penyakit ini dan dengan demikian menurunkan prevalensi diabetes.

3. Ketoasidosis yang mengancam jiwa sebagai efek samping obat diabetes

Ketoasidosis diabetik merupakan kegawat daruratan yang membutuhkan terapi langsung dengan insulin dan pergantian cairan. Manifestasi klinisnya meliputi peningkatan kecepatan pernapasan, muntah, kelemahan otot dan kelelahan yang mendalam.

Pada umumnya, kondisi ini merupakan masalah pada pasien diabetes tipe 1, namun ketoasidosis juga bisa terjadi pada pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi penghambat SGLT2.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan penghambat SGLT2 dengan penghambat DPP-4 – dan ditunjukkan bahwa penghambat SGLT2 dua kali memiliki risiko menyebabkan ketoasidosis diabetik dibandingkan penghambat DPP-4.

Data statistik menunjukkan bahwa sekitar lima hingga delapan individu pada setiap 1.000 individu pengguna penghambat SGLT2 akan mengalami ketoasidosis diabetik. Meskipun angkanya masih cenderung rendah, namun Dr. Michael Fralick, salah satu penulis penelitian, menyebutkan bahwa angka sesungguhnya bisa jadi lebih besar dari penemuan penelitian ini.

"Ini merupakan efek samping yang sering ditemukan pada pasien dengan diabetes melitus tipe 1 – bukan tipe 2 – sehingga dokter tidak 'menyadarinya'," jelas Fralick.

"Ini berarti risiko efek samping mungkin tampak lebih tinggi dibandingkan apa yang kita temukan disebabkan kesalahan diagnosis." MIMS

Bacaan lain:
Alat baru untuk penderita penyakit Parkinson
3 terobosan baru dalam penelitian mengenai kanker
Dilarangnya krantom menghambat penemuan painkiller baru

Sumber:
http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/diagnosis-treatment/treatment/txc-20169988 
http://emedicine.medscape.com/article/118361-overview 
http://www.medscape.com/viewarticle/881237 
http://www.healthline.com/health-news/new-diabetes-drugs-may-bring-on-ketoacidosis#4 
https://medicalxpress.com/news/2017-06-class-diabetes-drug-rare-life-threatening.html 
https://consumer.healthday.com/cardiovascular-health-information-20/misc-stroke-related-heart-news-360/heart-disease-the-no-1-killer-worldwide-722757.html 
http://www.medicalnewstoday.com/articles/317888.php 
http://www.diabetes.co.uk/news/2017/jun/bcg-vaccine-could-restore-proper-immune-response-in-type-1-diabetes-92725826.html 
https://www.dddmag.com/news/2017/06/study-finds-potential-mechanism-bcg-vaccine-reversal-type-1-diabetes 
http://www.straitstimes.com/singapore/health/diabetes-drugs-reduce-heart-failure-linked-to-diabetes-study-finds