Dalam dunia yang cepat berubah dan berkembang, mengikuti berita dan informasi terbaru merupakan suatu hal penting agar bisa tetap kompeten dan relevan dalam pekerjaan. Namun, seorang tenaga kesehatan seringkali tidak mempunyai banyak waktu luang, apalagi untuk membaca setiap lembaran koran atau mencari informasi di internet.

Panjangnya daftar antrian dan kesibukan yang tiada habisnya membuat seorang tenaga kesehatan sulit mendapat berita dan informasi terbaru. Maka dari itu, memiliki media atau sumber alternatif bisa jadi berguna untuk Anda, terutama jika Anda ingin mengetahui masalah terbaru dalam dunia medis tetapi tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan hal demikian. Dengan menggunakan media alternatif, Anda bisa mengatur jumlah harian berita, informasi dan literatur medis yang ingin Anda baca.

1. Feedly

Feedly merupakan media yang dapat mengambil informasi dari beberapa website pilihan Anda. Ini mengartikan Anda bisa mendapat informasi baru tanpa perlu mencari dari ratusan situs setiap harinya. Contohnya saja jika Anda sedang mengikuti channel tertentu di Youtube, Anda bisa langsung menonton video baru mereka di tempat yang sama Anda membaca berita. Semua konten publikasi baru dari website yang Anda pilih akan muncul dalam RSS Feed Anda. Sebagaimana yang dijelaskan dalam website mereka, Feedly memberi kesempatan bagi Anda untuk mendapat "lebih banyak sinyal, mengurangi gangguan" karena Feedly membuat Anda bisa memonitor hanya berita yang relevan dengan Anda sehingga dapat menghemat waktu Anda yang berharga.

2. Email pengingat Evidence Updates

Evidence Updates merupakan pengaturan yang disediakan oleh BMJ Group dengan sistem pengingat melalui email. Yang unik adalah semua sitasi dinilai oleh staff penelitian untuk memastikan kualitasnya, kemudian dinilai kembali relevansi klinis dan poin penting pada setidaknya 3 dokter praktek. Dokter praktek umum atau utama, apoteker atau subspesialis lain dapat mendaftarkan ketertarikannya dan menerima email pengingat pada literatur yang cocok dengan ketertarikan klinis mereka. Sebagai pelanggan layanan mereka, Anda bisa memilih frekuensi email yang akan Anda terima. Pengaturan yang tersedia juga meliputi populasi pasien, disiplin medis, skor, dan berita penting. Email pengingat Evidence Updates ini dapat Anda nikmati dengan gratis.

3. Read by QxMD (aplikasi telepon seluler)

Aplikasi telepon seluler ini dianggap sebagai aplikasi khusus literatur medis. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui penelitian terbaru, mengakses kajian topik artikel tertentu dan melakukan pencarian melalui PubMed, perpustakaan online berisi jutaan jurnal dan artikel medis. Aplikasi ini memberi akses gratis ke jurnal-jurnal medis, baik melalui langganan institusi atau publikasi jurnal gratis. Tenaga kesehatan dapat menggunakannya sebagai jurnal medis digital pribadi, karena di aplikasi ini, Anda dapat mengatur dan meninjau koleksi artikel pribadi Anda. Kemudian, Anda dapat membagi artikel melalui email dan platform media sosial, seperti Facebook dan Twitter. MIMS

Bacaan lain:
3 sumber jurnal gratis yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan
Dr Wikipedia: Meningkatnya penggunaan website sebagai sumber informasi untuk dokter
Dokter: 5 tips mengikuti seminar

Sumber:
1. Feedly website: https://feedly.com/i/welcome
2. Evidence Updates from BMJ: https://plus.mcmaster.ca/evidenceupdates/
3. Read by QxMD: http://www.qxmd.com/apps/read-by-qxmd-app