Bagi kebanyakan orang, jam tangan dianggap banyak berfungsi sebagai penunjuk waktu. Tetapi, bagi tenaga kesehatan – seperti perawat –  jam tangan atau jam medis (disebut juga sebagai fob watch), memiliki fungsi lebih banyak, selain sebagai aksesoris penunjuk waktu. Jam ini sangat berguna dan penting untuk secara efektif digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

1. Memeriksa dan mencatat tanda vital pasien

Jam medis sangat baik untuk mengukur dan mencatat tanda vital pasien. Tanda vital umum pasien meliputi kecepatan bernapas, suhu tubuh dan denyut nadi apikal. Tanda vital ini bisa diperiksa dan dicatat menggunakan jam tangan secara akurat. Alat mengukur waktu yang lebih akurat juga akan sangat berguna untuk menghasilkan hasil evaluasi yang lebih baik untuk perawat dan dokter.

Jam tangan juga memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan pasien dan membantu mereka dalam mendeteksi gangguan. Dalam kasus pemberian obat, bisa memeriksa tanda vital pasien bisa membantu perawat mengetahui manfaat dan efek obat atau terapi.

2. Pemberian obat

Jam tangan juga bisa digunakan untuk memastikan obat pasien diberikan pada interval waktu yang benar. Beberapa perawat juga menggunakan jam tangan dengan fungsi alarm untuk memperingatkan mereka mengenai jam pemberian obat, mengingat dalam beberapa kasus, para perawat mungkin perlu memberikan obat dalam satu waktu yang spesifik.

Jam tangan memeriksa seberapa cepat atau lambat pemberian obat dilakukan. Jika pemberiannya diperlambat atau ditunda, maka bisa secara signifikan menurunkan paparan ke pasien terhadap komplikasi medis dan risiko kesehatan tertentu.

Tentu saja, hal ini tergantung pada kecepatan pemberian obat, jenis obat, atau faktor kontribusi lain yang bisa memengaruhi respon obat.

3. Dokumentasi dan bagan lab

Jam tangan sangat diperlukan untuk melakukan dokumentasi medis. Hal ini karena pencatatan waktu dan tanggal terapi, pemeriksaan dan tes yang akurat diperlukan.

Selain itu, bagan dan pencatatan di laboratorium perlu dilakukan saat terjadi interaksi medis dengan pasien. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi medis pasien. Hal ini penting dilakukan untuk lebih memahami kesehatan pasien. 

Tidak adanya catatan yang akurat membuatnya semakin sulit untuk mengukur perkembangan dan/atau kesehatan pasien. Hal ini bisa menciptakan suatu masalah bagi pencatat laporan pasien karena mereka mungkin saja merasa bingung – dan akhirnya menyebabkan komplikasi.

Kesimpulan

Perawat harus menghadapi banyak pasien setiap harinya. Mereka juga terkadang bertanggung jawab pada banyak urusan teknis – seperti dokumentasi dan pencatatan tanda vital, yang sudah dijelaskan di atas. Agar bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut, jam medis merupakan hal yang wajib bagi perawat – memberikan kenyamanan dan bantuan yang mereka butuhkan untuk melakukan pelayanan kepada pasien setiap harinya. MIMS

Bacaan lain:

Tips berjaga malam untuk perawat
5 kalimat penyemangat untuk perawat
"Hanya seorang perawat": Catatan hati dunia keperawatan yang sering tidak dihargai

Sumber:
http://www.nursetheory.com/best-medical-watches-nurses/
http://www.nightlynurse.com/best-watches-nurses/
https://thenerdynurse.com/2016/05/10-best-watches-for-nurses.html
http://wornandwound.com/a-look-into-medical-watches/